5 Aplikasi Pembelajaran Daring Terbaik

Iskandarnote.com Satu tahun lebih wabah Covid-19 melanda Indonesia, dan menyebabkan banyak perubahan kebijakan pada berbagai sektor. Salah satunya yaitu pada sektor Pendidikan. Di mana seluruh siswa dari berbagai jenjang Pendidikan harus menjalankan sistem belajar dari rumah.

Hal ini membuat aplikasi pembelajaran daring memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan siswa masa kini. Melalui aplikasi pembalajaran online ini, siswa bisa mendapatkan materi secara detail dan latihan soal dengan pembahasan yang mudah dipahami.

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring

Orang tua yang harus menanggung peran ganda tentunya sangat terbantu dengan adanya aplikasi pembelajaran daring ini.

Nah, bagi para orangtua yang tengah mencari apk pembelajaran daring bagi putra-putrinya, berikut ini rekomendasi 5 aplikasi pembelajaran online terbaik.

1.      Ruangguru

Salah satu aplikasi pembelajaran daring terpopuler di Indonesia adalah Ruangguru. Aplikasi yang didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara ini menyediakan materi pembelajaran untuk semua mata pelajaran inti dan untuk semua jenjang kelas.

Mentor dan guru di Ruangguru merupakan para professional. Penyampaian materi pun dilakukan dengan metode interaktif yang menyenangkan dan mudah dipahami siswa.

Menariknya, Ruangguru juga menyediakan Bank Soal dan TryOut gratis.

2.      Quipper

Aplikasi asal London ini menjadi rekomendasi kedua bagi Anda yang ingin mendapatkan materi pembelajaran lebih detail. Terhitung sejal tahun 2015, Quipper sudah digunakan lebih dari 5 juta siswa dengan tenaga pendidik mencapai 350.000.

Dalam satu aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan empat fitur utama, yakni system manajemen belajar bagi guru dan siswa SMP dan SMA. Kedua, QuipperVideo sebagai materi pembelajaran berbasis video.

Ketiga, QuipperVideo MasterClass, yakni fitur layanan premium dari QuipperVideo. Terakhir ada QuipperCampus yang merupakan portal informasi kampus.

3.      Zenius

Jika dibanding dua apliaksi sebelumnya, Zenius memiliki kelebihan yang membuatnya banyak diakses siswa Indonesia dari berbagai kalangan, yakni layanan belajar mandiri gratis.

Aplikasi pembelajaran daring ini menyediakan puluhan ribu video materi gratis, baik untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan juga SMK.

Pengguna juga dapat menikmati fitur tes Tryout, Ujian Mandiri dan mendapatkan tips-tips belajar lainnya.

4.      Kelas Pintar

Mengusung konsep pembelajarn interaktir, Kelas Pintar menyediakan materi belajar dalam bentuk visual, audio, dan kinestetik. Ketersediaan e-book dengan materi berkualitas juga akan sangat membantu para siswa mendapatkan materi secara mendalam.

Melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa mencoba mengerjakan soal HOTS (High Order Thinking Skills), VBQ (Value Based Questions), dan Virtual Lab. Seluruh hasil belajar selanjutnya akan dievaluasi melalui Tes Adaptif, Tes Periodik dan Soal Pilihan Ganda.

5.      Rumah Belajar

Terakhir ada Rumah Belajar, aplikasi pembelajaran daring dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Tidak jauh berbeda dengan portal belajar online lain, Rumah Belajar juga menyediakan konten pembelajaran dalam bentuk video, audio, gambar serta animasi interaktif.

Bank Soal juga tersedia bagi siswa SD, SMP, SMA, SMK dan juga SLB. Bahkan, materi bagi siswa PAUD pun sudah tersedia di Rumah Belajar.

Lima rekomendasi aplikasi pembelajaran daring di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Mengingat beberapa diantaranya memang hanya bisa diakses dengan paket berlangganan.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.