5 Ide Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Saat Pandemi

5 Ide Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Saat Pandemi

Iskandarnote.com Tak disangka, pandemi telah berlangsung lebih dari 1 tahun, dan hal ini mengakibatkan kelumpuhan ekonomi cukup parah. Ada begitu banyak perusahaan yang terpaksa harus mem-PHK karyawannya karena tidak ada lagi income.

Meski di satu sisi hal ini sangat merugikan masyarakat luas, namun di sisi lain kondisi seperti ini justru bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Ya, terbukti ada banyak bisnis baru yang berkembang di tengah pandemi. Sehingga, tidak ada alasan untuk kamu  berhenti dan menyerah meski pandemi belum usai.

Nah, buat kamu kaum milenial yang tertarik untuk memulai bisnis di tengah pandemi seperti sekarang, beberapa referensi usaha yang cocok untuk anak muda saat pandemi berikut ini bisa jadi pilihan menarik.

Ide Usaha yang Cocok Untuk Anak Mudah Saat Pandemi

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah usaha, tentu kamu harus mengetahui passion dan skill kamu terlebih dahulu. Selanjutnya, tentukan bidang bisnis yang ingin digeluti, seperti:

1.      Online Shop

Salah satu bidang bisnis yang justru mengalami peningkatan drastis selama masa pandemi adalah online shop. Selain karena faktor perkembangan teknologi, tuntutan untuk lebih banyak #dirumahsaja juga menjadi alasan mengapa bisnis online shop berkembang pesat.

Kini, masyarakat jauh lebih tertarik untuk melakukan transaksi jual-beli secara online. Di samping tidak perlu repot mencari barang dari satu toko ke toko lain yang jaraknya berjauhan, belanja online juga jauh lebih aman dari penularan virus.

Baca Juga :   Video Munarman dan Lily Sofia di Hotel Jadi Viral di Media Sosial

Nah, untuk produk yang bisa kamu jual secara online sangat beragam. Mulai dari aksesoris, fashion, hobi, perlengkapan rumah tangga, elektronik dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini, pertama kamu harus mencari supplier yang menawarkan produk dengan kualitas terbaik dan harga miring. Selanjutnya bangun toko kamu melalui marketplace, website dan maksimalkan pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

2.      Reseller Obat dan Kebutuhan Kesehatan Lain

Saat masa pandemi seperti ini, kondisi tubuh harus benar-benar dijaga. Asupan makanan, olahraga hingga suplemen harus diperhatikan dengan baik.

Melihat kebutuhan akan produk kesehatan yang sangat tinggi, tentu kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Benar sekali, kamu bisa jadi reseller atau dropshiper obat dan kebutuhan kesehatan lain, seperti suplemen, masker, hand sanitizer dan masih banyak lainnya.

Sama seperti bisnis online shop, usaha yang cocok untuk anak muda saat pandemi ini juga bisa kamu kembangkan melalui marketplace, website ataupun media sosial.

3.      Catering Makanan Sehat nan Aesthetic

Alih-alih menjaga kesehatan sembari diet sehat, banyak kaum muda yang mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Bahkan, tidak sedikit yang mulai beralih ke makanan organik.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk membuat makanan sehat sendiri. Pekerjaan dan kesibukan di luar rumah sering kali menyita waktu mereka, alhasil junk food menjadi alternatif yang tak bisa dihindari.

Untuk memenuhi kebutuhan mereka, kamu bisa lho membuka catering makanan sehat dengan tampilan aesthetic. Buat beberapa menu andalan yang terdiri dari sayur, buah serta protein hewani.

Pastikan cara pengolahan bahan makanan tersebut sehat dan higienis. Kemudian, kunci sukses dari bisnis kuliner anak muda ini adalah plating dan kemas semenarik mungkin.

Baca Juga :   Aplikasi Bokeh Video Full Apk Terbaru Offline

4.      Freelancer Content Writer

Hobi menulis dan memiliki kemampuan menyusun kata hingga jadi rangkaian kalimat yang enak dibaca? Wah, ide usaha yang cocok untuk anak muda saat pandemi ini bisa jadi pilihan yang cukup menjanjikan.

Bisnis tanpa modal ini bisa kamu mulai hanya dengan berbekal skill, laptop/PC dan koneksi internet saja. Kemudian, mulai pasarkan jasa kamu. Sebagai pemula, kamu bisa mulai menawarkan jasa lewat website freelancer, seperti project.co.id, sribulancer.com, freelancer.com, Fiver, Upwork dan masih banyak lainnya.

Selanjutnya kamu bisa mengembangkan branding diri melalui akun media sosial dan didukung dengan website pribadi.

Untuk penentuan harga sendiri bisa menyesuaikan dengan target pasar dan skill yang dimiliki. So, jangan lupa untuk terus mengembangkan skill kamu ya.

5.      Jasa Les Privat

Selain perekonomian, sektor pendidikan juga mengalami dampak yang cukup besar akibat pandemi. Salah satu dampak nyata yang harus dirasakan siswa hampir di seluruh negara adalah SFH atau school from home.

Demi mencegah rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah harus mengubah sistem pendidikan, dan nyatanya hal ini tidak disambut baik oleh seluruh siswa dan orang tua.

Ada banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan kurangnya dukungan orangtua sebagai fasilitator.

Nah, buat kamu yang punya latar belakang sebagai pendidik, membuka jasa les privat bisa jadi opsi yang menarik. Usaha yang cocok untuk anak muda di desa. Mulailah dengan menawarkan jasa di lingkungan tempat tinggal kamu.

Atau pilihan lain yang bisa kamu coba yakni dengan membuka les privat online. Jadi, kamu hanya perlu membuat video interaktif yang bisa dijadikan sumber belajar para siswa.

Itu dia beberapa ide ide bisnis yang lagi trend buat anak muda. Kamu bisa memilih sektor usaha yang sesuai dengan passion, sehingga diharapkan kamu akan sepenuh hati menjalankan dan mengembangkannya.

Baca Juga :   Pendaftaran CPNS Tahun Ini Lebih Mudah

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please klik the link