5 Strategi Bisnis Online Untuk Pemula

5 Strategi Bisnis Online Untuk Pemula

Iskandrnote.com Bisa dikatakan, sekarang adalah eranya jualan online. Jangkauan pasar yang jauh lebih luas, bahkan tanpa batas dan peluang keuntungan yang lebih besar menjadikan bisnis online sangat menarik untuk dijajal.

Namun perlu diingat, meski terlihat mudah dan sangat menjanjikan, tetapi untuk mengembangkan bisnis online kamu butuh strategi yang matang. Benar sekali, ada beberapa strategi bisnis online yang wajib kamu terapkan jika ingin mendapat banyak keuntungan.

Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti ulasan berikut.

Strategi Bisnis Online Bagi Pemula

Secara keseluruhan, ada beberapa strategi bisnis yang harus diikuti dan dipraktikkan dengan benar. Berikut ulasan singkatnya.

1.      Kenali Nilai Unik Produk

Sebelum menjual sebuah produk, wajib untuk kamu mengetahui keunikan atau keistimewaan produk tersebut. Mengapa? Karena dengan mengenali keunikan dan keistimewaan produk yang kamu jual, kamu akan lebih percaya diri dalam mengalahkan kompetitor.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah dalam memasarkannya. Bayangkan saja, saat kamu tidak mengetahui keunikan produk yang dijual, lalu apa yang akan kamu unggulkan dari produk tersebut?

Keunikan ini juga bisa jadi bahan pertama untuk branding. Perlu diingat, keunikan suatu produk jelas berbeda dengan keunggulan produk. Jadi, biasanya keunikan produk hanya ada satu, dan cenderung akan lebih mudah diingat customer.

2.      Buat Toko Online Kamu

Buat para pemula yang memiliki budget terbatas, kamu tak perlu khawatir. Karena saat ini ada banyak platform yang memungkinkan kamu memiliki toko online tanpa repot memikirkan urusan coding dan lain sebagainya.

Baca Juga :   6 Cara Menggunakan Ovo Point Di Tokopedia Untuk Belanja Dan Beli Pulsa

Hanya saja, platform toko online gratis seperti ini biasanya menawarkan fitur yang cukup terbatas dan tidak bisa custom. Jadi, buat kamu yang sudah memiliki budget lebih, akan lebih baik membuat website toko online sendiri. Dengan begitu, fitur yang disematkan di dalamnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

3.      Google Analytics

Setelah membuat website, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempelajari dan memahami data yang ada. Dari sinilah kamu bisa mengevaluasi apa saja kekurangan dari website tersebut.
Selanjutnya, kamu bisa menentukan langkah untuk lebih mengembangkan bisnis. Nah, jika kamu kurang mumpuni dalam hal ini, tak perlu panik karena sudah ada banyak analis Google yang siap membantu.

4.      Pemasaran Dengan Content Marketing

Strategi bisnis online ini juga penting untuk diterapkan. Teknik promosi yang mengandalkan konten yang relevan, bermanfaat dan mampu menarik audiens bisa memberikan dampak jangka panjang pada peningkatan penjualan.

Semakin bagus konten yang kamu buat, akan semakin besar pula peluang penjualan produk/jasa. Untuk jenis konten yang digunakan sendiri bisa berupa konten artikel, video bahkan anime.

5.      Manfaatkan Media Sosial

Sekarang ini sudah bukan zamannya media sosial hanya digunakan untuk bersenang-senang. Sudah waktunya untuk kamu memanfaatkan media sosial sebagai sarana marketing  bisnis.

Ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan, yakni marketing secara organik. Artinya, kamu hanya membuat konten menarik dan memancing viewers ataupun followers tanpa menggunakan tools dan teknik tambahan.

Atau yang kedua dengan memanfaatkan adsense. Tentunya cara kedua ini jauh lebih menjanjikan. Meski pada awalnya kamu membutuhkan biaya iklan, namun jika konten dan target kamu sesuai, maka modal yang sudah kamu keluarkan akan kembali berkali-kali lipat.

Baca Juga :   Kartu ATM BCA Hilang Tertelan Mesin ATM? Begini Cara Mengurusnya

Lima strategi bisnis online di atas memang terdengar sederhana dan mudah. Tetapi, jika kamu tidak konsisten mempraktikkannya, tentu bisnis kamu akan sulit berkembang.

Jadi, perlu diingat, telaten dan konsisten adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan lewat bisnis online. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please klik the link