6 Ide Bisnis Digital Paling Potensial 2021

Iskandarnote.com Di era digital seperti saat ini, begitu banyak trend kehidupan yang mengalami perubahan. Tak terkecuali trend berbisnis. Di mana bisnis digital dianggap jauh lebih potensial dan mudah dalam pengembangannya.

Tak hanya itu, ide bisnis digital yang semakin banyak juga menjadikan siapa saja bisa terjun ke ranah bisnis ini. Bukan hanya ahli IT, namun masyarakat awam pun bisa memulai bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital yang sudah berkembang pesat.

Ide Bisnis Digital Paling Potensial

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, siapa saja bisa terjun ke ranah bisnis digital. Berbekal kemauan, ketlatenan, skill dan sikap terbuka untuk selalu upgrade diri, Anda bisa memulai berbisnis di era digital seperti saat ini.

Nah, berikut ini beberapa ide bisnis digital yang paling potensial di tahun 2021.

1.      Membangun Online Shop

Salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan siapa saja adalah online shop. Bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa menjalankan bisnis ini dan merauk keuntungan besar darinya.

Selain berjualan melalui e-commerce, Anda juga bisa membangun toko online sendiri melalui website dan didukung dengan pemasaran via media social. Langkah ini merupakan pilihan yang bijak. Sebab, dengan memiliki toko online sendiri, Anda bisa melakukan branding lebih mudah.

Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu bergantung pada pihak lain. Termasuk kebijakan-kebijakan yang cukup memberatkan para penjual di e-commerce. Alasn lainnya yakni, Anda bisa mengembangkan toko online sesuai dengan kebutuhan Anda. fitur dan tampilannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan.

2.      Menjalankan Bisnis Dropship

Jika online shop identik dengan barang ready stok, berbeda dengan bisnis satu ini. Anda tidak perlu memiliki stok ready untuk dijual. Jadi, sistemnya adalah order-to-order. Ketika ada pesanan masuk, Anda hanya perlu meneruskan pesanan pada supplier dan pihak supplier lah yang akan mengirim produk ke alamat pembeli.

Hanya saja, dalam proses pengiriman tersebut, nama pengirim akan diganti dengan nama toko Anda. Inilah yang membedakan online shop maupun reseller dengan dropship.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dropship pun cenderung lebih kecil. Bahkan, Anda bisa memulai bisnis dropship tanpa modal.

3.      Menjadi Blogger

Hobi menulis? Ternyata hobi Anda bisa jadi ladang penghasilan yang cukup besar, lho! Tidak harus menulis buku atau e-book dengan tingkat kesulitan tinggi. Anda bisa memilih alternatif lain, yakni dengan menjadi blogger.

Membangun blog dari awal memang bukan hal yang mudah. Namun, saat ini sudah ada banyak kursus blogging untuk para pemula. Jadi, selain menuangkan hobi Anda, blog yang Anda bangun juga harus dikelola dengan baik untuk bisa menghasilkan uang.

4.      Jasa Pembuatan Website

Nah, bagi Anda yang memiliki kemampuan coding, membuka jasa pembuatan website adalah bisnis digital yang sangat potensial.

Semakin banyaknya pihak yang membutuhkan website, baik untuk kepentingan bisnis, organisasi/instansi maupun web portfolio, menjadikan potensi dari bisnis ini terbuka lebar.

Anda bisnis menawarkan jasa tersebut melalui website khusus digital project ataupun melalui media social. Dan menyenangkannya, bisnis professional ini bisa dijalankan secara freelance. Sehingga Anda tidak perlu membuka kantor.

5.      Menjadi YouTuber

Dewasa ini, YouTube menjadi salah satu media paling popular. Jutaan video baru diunggah pada platform ini, mulai dari music video, tutoriall, review, berita, hingga yang paling marak saat ini adalah video aktivitas sehari-hari atau yang lebih dikenal dengan istilah vlog.

Nah, jika Anda memiliki rasa percaya diri tinggi, Anda bisa mencoba membangun vlog dengan tema yang menarik. Atau Anda juga bisa membuat video YouTube yang lebih informatif.

Tapi ingat, untuk mendapatkan banyak penonton dan subscriber, Anda bukan hanya membutuhkan video yang menarik, tetapi juga mengikuti algoritma YouTube. Dengan begitu, video Anda akan mudah ditemukan pengguna lain.

6.      Menjadi Influencer

Satu lagi ide bisnis digital yang cocok dijalankan oleh Anda yang merasa memiliki rasa percaya diri. Ya, untuk menjadi influencer, rasa percaya diri adalah modal utama yang harus dimiliki.

Selanjutnya, Anda perlu terus meng-upgrade diri dengan berbagai skill, termasuk kemampuan untuk tampil di media dengan vibes yang menyenangkan.

Kemampuan public speaking dan marketing juga sangat dibutuhkan di sini. Sebab, nantinya Anda bisa memperoleh pendapatan dari endorse, yang artinya Anda harus mempromosikan/memasarkan suatu produk.

Selain enam ide bisnis dgital di atas, masih ada banyak sektor bisnis yang bisa Anda jajal. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya pilih bisnis yang sesuai dengan passion dan skill Anda.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.