6 Tragedi Kapal Selam Terparah Sepanjang Sejarah

judul “Kursk” The Comment

Iskandarnote.com Berbicara tentang kapal selam sudah pasti para netizen tertuju pada kecelakaan KRI Nanggala 402 yang saat ini belum di ketahui keberadaanya.

Kapal selam milik TNI AL itu mengalami hilang kontak sejak hari rabu kemarin.

Berbagai upaya sudah di lakukan TNI dalam proses pencarian kapal selam tersebut.

Nah kali ini admin akan berbagi informasi tentang tragedi kecelakaan Kapal Selam yang ada di negara Rusia.

Admin rangkum dalam

Tragedi kapal selam Rusia terparah sepanjang Sejarah.

kapal selam merupakan bagian alutsista yang menjadi andalan angkatan laut di setiap negara. Sampai sekarang kekuatan militer angkatan laut milik Rusia dianggap sebagai paling digdaya di antara negara lain karena memiliki banyaknya kapal selam buatan sendiri.

dalam proses pembuatannya ternyata kapal selam milik Rusia pernah mengalami insiden maut hingga memakan korban seperti apa sih insiden tersebut

Berikut 6 tragedi kapal selam terparah sepanjang sejarah

Kapal Selam K-19

Sebelum diluncurkan pada 8 April 1959 kapal selam nuklir generasi pertama Soviet dari hotel kelas ini sudah memakan korban media internasional the Los Angeles time edisi 3 Januari 1994 memberitakan jika K-19 telah menewaskan delapan buruh konstruksinya.

Ditambah seorang teknisi listrik dan juga teknisi mesin pada saat ritual peluncuran kapal selam botol yang dilempar ke lambung kapal ternyata tidak pecah.

Para kru kapal yang dikomandani Kapten Nicole’ menganggap jika hal tersebut menjadi pertanda buruk dugaan Mereka ternyata terbukti.

K-19 yang memiliki bobot 4100 Ton Ini ditimpa petaka saat menjalani latihan dekat pantai Greenland pada 4 Juli 1961.

Baca Juga :   Viral Tim Bulu Tangkis Indonesia Di Paksa Mundur Dari ALL ENGLAND 2021

Saat itu mesin pendingin reaktor nuklir pada kapal tidak berjalan dengan sempurna sejumlah teknisi kapal pun mengorbankan nyawa mereka untuk mengaktifkan mesin dan mendinginkan reaktor

Sekitar 20 Awak dari total 139 meninggal karena terpapar radiasi transmisi darurat pun dikirimkan yang akhirnya sinyal diterima oleh kapal selam S270 memang 139 awake K-19 bisa di pulangkan dengan selamat

Namun dalam waktu 2 tahun sebanyak 22 awak kapal yang pernah bertugas meninggal dunia karena efek radiasi nuklir

Kisah tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul K-19 windowmaker tahun 2002 Silam.

Kapal Selam K-3 Leninsky Komsomol

K-3 merupakan kapal selam bertenaga nuklir yang lahir dari Project 627 kapal selam berbobot 3433 Ton Ini diluncurkan Soviet pada 4 Juni 1958

Menurut buku nautilus The Story Of Man Under the Sea kapal tersebut merupakan kapal selam nuklir pertama milik Soviet yang ditugaskan di armada utara.

Nama resmi Project 627 diubah menjadi Leninsky Komsomol lantaran prototypenya dibuat di kota Leningrad Rusia.

Pada tanggal 17 Juni 1962 K-3 menjadi wakil Soviet untuk mengalahkan Amerika Serikat dalam mencapai laut di Kutub Utara

Sayangnya petualangan K-3 hanya sampai pada tanggal 8 September 1967. Kala itu cairan hidrolik di mesin bocor dan meledak sehingga memicu kebakaran hebat.

Akibatnya sebanyak 39 awak kapal dilaporkan tewas sempat mengalami kebuntuan namun investigasi kasus tersebut berjalan Hingga September 2012.

Tim investigasi menemukan penyebab ganjil yakni ditemukan korek api di kompartemen torpedo.

Selain itu ditemukan juga botol bir di sekitar area tangki pemberat kapal penemuan tersebut diyakini menjadi penyebab ledakan besar yang terjadi di kapal selam K-3.

Kapal Selam K-8

K-8 ini dianggap sebagai Kapal Selam paling sial kapal selam ini diluncurkan pada 31 Mei 1959 dan akhirnya mendapat tugas pertamanya Pada 31 Desember 1959

Baca Juga :   185.63.253.200/1111.90 l50 204/164.68.l27.15 Link Videos

Dalam kurun 1 dasawarsa kapal dengan bobot 3065 Ton itu mengalami musibah petaka sebanyak 2 kali

Tanggal 13 Oktober 1960 tabung generator uap pecah pada saat K-8 melakukan pelayaran di laut barents utara Norwegia

Akibatnya pendingin reaktor nuklir VME kehilangan daya dan memicu terjadinya kebocoran gas radioaktif.

Gas berbahaya tersebut akhirnya menyebar ke seluruh kompartemen sekitar 104 awak kapal mampu selamat dan kapal selam tersebut tak jadi tenggelam

Namun semuanya terpapar radiasi K-8 sempat diperbaiki dan akhirnya kembali melaut dalam latihan Ocean seventy di Teluk bisskey pada 8 April 1970.

Tiba-tiba terjadi korsleting listrik di 2 kompartemen yang menyebabkan kebakaran Kapten Kapal selam K-8 sempat memerintahkan ke-103 awak untuk meninggalkan kapal agar ditolong kapal Soviet lain

Namun karena akan ditarik dengan kapal lain harus ada crew yang mengatur proses penarikan ke dalam kapal selam K-8.

Kapten bersama 52 kru dan dibantu 8 Marinir kembali ke gladag akhirnya 61 personil itu justru tewas akibat kobaran api susulan padahal sebelumnya sempat reda.

Dikabarkan hanya ada 73 kru yang selamat dalam insiden tersebut.

Kapal Selam K-278 Komsomolets

Komsomolets yang berarti anggota Pemuda komsomol alias persatuan Pemuda komunis leninis kapal selam berbobot 5750 Ton Ini mulai bertugas pada tahun 1983

K-278 hanya dioperasikan kurang dari 100 awak saja Namun mampu menyelam hingga kedalaman 1020 m pada 4 Agustus 1984 di laut Norwegia.

Tragedi pada 7 April 1989 membuat ke K-278 harus tenggelam di dasar laut barents bersama 42 awak kapal termasuk Kapten .

surat kabar De-ekonomi edisi 15 April 1989 menuliskan jika mesin k-278 terbakar terjadi korsleting listrik pada saat menyelam di kedalaman 335 meter.

Baca Juga :   Serda Aprilia Manganang Fix Pria, TNI AD Siapkan Posisi Baru

Upaya membuka tangki pemberat dan sinyal darurat sudah dilakukan dengan baik namun saat pesawat amfibi Soviet datang dan melepaskan rakit darurat semuanya sudah sangat terlambat.

Hanya 25 awak kapal saja yang selamat dan 2 diantaranya meninggal dunia akibat hipotermia.

Kapal selam K-141 “Kursk”

Kapal Selam Kursk

K-141 merupakan kapal selam dari kelas Oskar 2 yang mana menjadi kebanggaan angkatan laut Rusia

lagi-lagi laut barents memakan korban pada 12 Agustus 2000 kapal selam berbobot 16400 ton tenggelam dalam latihan gabungan angkatan laut Rusia semua awak kapal yang berjumlah 118 orang tewas.

Tenggelam nya Kursk menjadi bencana kapal selam Rusia terparah dan paling mengundang kontroversi.

Dalam buku berjudul Russian Civil military relation menyebutkan jika hasil investigasi laporan sempat dirahasiakan oleh pihak militer kabarnya bencana bermula dari kebocoran tabung gas di kompartemen torpedo dua ledakan terjadi dan menewaskan hampir semua kru kecuali 23 personil yang berhasil mengunci diri di sebuah kompartemen.

Upaya penyelamatan berulang kali oleh para kolega di atas permukaan gagal lantaran minimnya kualitas peralatan. Inggris sempat mencoba membantu namun ditolak mentah-mentah.

Baru setelah 5 hari presiden Putin mengizinkan pihak asing untuk melakukan penyelamatan alhasil saat para penyelam Norwegia dengan kapsul selam berhasil mencapai kompartemen para kru yang mengunci diri sudah ditemukan dalam kondisi tewa.

Kisah kontroversial itu pun diangkat ke layar lebar dengan judul “Kursk” The Comment yang dirilis pada tanggal 21 Juni 2019.

Penutup

Selama era perang dunia hingga sekarang Rusia menjadi raja Angkatan Laut di dunia dengan dibuktikan membuat banyak kapal selam. Namun nyatanya hal tersebut bukanlah perkara mudah karena terbukti dengan adanya insiden terparah sepanjang sejarah tentang kapal selam Rusia.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *