8 Aplikasi Kompres Video Terbaik
8 Aplikasi Kompres Video Terbaik

8 Aplikasi Kompres Video Terbaik

Posted on

Aplikasi kompresi video memang bisa dipercaya saat mengubah ukuran atau mengedit video yang terlalu besar.

Ukuran tampilan yang terlalu besar biasanya memakan terlalu banyak ruang penyimpanan di ponsel cerdas atau perangkat portabel Anda.

Aplikasi dapat menggunakan aplikasi untuk memperkecil ukuran video dan mengurangi ruang penyimpanan.

Apakah Anda sering menemukan beberapa aplikasi pengeditan yang menurunkan kualitas video saat Anda menggunakannya. Anda bisa mencari aplikasi kompresi video tanpa menurunkan kualitas gambarnya.

Oleh karena itu, video yang dikompresi oleh program untuk memperkecil ukuran video tetap terlihat mulus dan berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pengurangan ukuran video terbaik!

Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Terbaik

Ingin Mencari aplikasi kompresi video PC berkualitas tinggi namun gratis? Jangan khawatir, berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda percayai!

1. OpenShot Video Editor

OpenShot Video Editor sebenarnya tidak didesain khusus untuk kompresi video, melainkan untuk editing.

Namun, Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengurangi ukuran file video dengan mengurangi kecepatan bingkai dan kecepatan bit video.

Beberapa fiturnya termasuk menambahkan lapisan video tanpa batas, banyak efek transisi video, kontrol kecepatan video, dan dukungan untuk berbagai format video, gambar, dan audio.

2. Shotcut

Aplikasi kompresi video terbaik untuk mengkompres ukuran file berikut adalah Shotcut. Seperti sebelumnya, Anda perlu mengurangi frame rate dan kualitas video untuk mengurangi ukuran file video. Opsi ini tersedia di menu Ekspor.

Fitur yang dapat digunakan aplikasi ini antara lain kemampuan pengeditan audio, efek video anti-mainstream, kemampuan pengeditan berkualitas tinggi, dan beragam format file.

3. Handbrake

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Handbrake dirancang khusus untuk aplikasi pereduksi video.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menyesuaikan banyak pengaturan untuk mengurangi ukuran file video secara signifikan.

Cara melakukan perubahan dengan menu sederhana dan jelas mendukung semua jenis format video termasuk MKV, proses transcoding cepat dan dapat digunakan pada sistem perangkat apa pun, baik itu Windows, MacOS atau bahkan Linux.

4. VLC Media Player

Aplikasi pengeditan VLC Media Player tersedia untuk hampir semua platform desktop dan seluler. Anda dapat menemukan aplikasi ini untuk Android, iOS, Windows, laptop MacBook, dan Linux.

Tidak hanya sebagai media player, VLC juga bisa digunakan untuk mengkompres ukuran video melalui menu Convert atau Save.

Program ini juga mendukung format video 4K dan 8K, memutar video hingga 360 derajat, streaming adaptif, dan mengonversinya ke format berbeda.

5. Ffmpeg

Aplikasi untuk mengecilkan ukuran video yang kelima adalah FFmpeg. Aplikasi ini tersedia gratis di tiga platform populer yakni Windows, MacO dan Linux.

Selain mengompresi video, FFmpeg juga dapat digunakan untuk menggabungkan audio, memotong video, dan melakukan operasi pengeditan lainnya. Mudah digunakan, tetapi ada juga versi gratis dengan fitur terbaik.

6. Vidiot

Vidiot adalah aplikasi yang dikembangkan untuk mengedit video. Aplikasi ini milik kode sumber terbuka, yang telah banyak digunakan oleh editor.

Jika Anda ingin memperkecil ukuran video, Anda perlu mengurangi frame rate dan bit rate aplikasi ini. Jangan khawatir sob, karena aplikasi ini masih memiliki versi gratis dan pro dengan banyak menu.

7. QwinFF

Aplikasi kompresi video lossless, selanjutnya disebut QWinFF. Menyediakan fungsi dasar untuk mengonversi file video dalam format FLV, DV, MOV, AVI, dan MP.

Selain mengonversi format file, QWinFF sering digunakan untuk mengompres ukuran file video. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengeditan semua jenis file video.

8. Avidemux

Terakhir, ada Avidemux yang memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran dan bahkan mengompres video yang Anda gunakan.

Aplikasi ini dapat digunakan pada platform Linux dan Windows. Anda dapat menentukan informasi saat menyandikan video.

Dibandingkan dengan program-program yang disebutkan di atas, Avidemux memiliki fungsi paling lengkap untuk memotong, memisahkan, memfilter, mengubah trek audio, dan menggabungkan dua video sekaligus.

Ini adalah beberapa aplikasi kompresi video yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran klip yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *