Aplikasi Penanganan Covid-19 Yang Tidak Banyak Orang Tahu

aplikasi penanganan corona

Iskandarnote.com Banyaknya aplikasi penanganan Covid-19 tak menutup kemungkinan membuat masyarakat pusing apalagi aplikasi ini dibuat dengan tampilan dan sistemnya yang serupa.

Jangan sampai timbul kesan membuat aplikasi sekedar untuk menghabiskan anggaran atau ujung-ujungnya berfungsi sama.

Ada banyak pilihan aplikasi penanganan Covid-19 yang bisa digunakan oleh masyarakat mulai dari skala nasional hingga daerah.

Aplikasi peduli lindungi misalnya aplikasi buatan Kementerian komunikasi dan Informatika bersama Kementerian BUMN yang dijalankan oleh Telkom Indonesia

Aplikasi PeduliLindungi Yang bisa di download di Playstore

Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk melacak penyebaran virus Corona.

Hadir sejak Maret 2020 aplikasi ini menyajikan sejumlah fitur seperti registrasi vaksin dan riwayat perjalanan sebaran virus Corona hingga tingkat kelurahan dapat dilihat pada aplikasi ini sehingga masyarakat bisa lebih waspada saat berada di wilayah yang terinfeksi covid 19 hingga awal April 2021 aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna

Zona terinfeksi Virus Corona juga dapat dilihat pada aplikasi bersatu melawan Covid-19 peta rawan covid-19 disajikan berdasarkan risiko penularan.

Sistem integrasi data angka kasus positif Covid-19 berskala nasional pada aplikasi ini dikembangkan oleh kominfo bersama BNPB untuk mengakses data kependudukan kesehatan dan logistik dari 514 kabupaten kota dan 34 provinsi.

Aplikasi ini akan meminta nomor telepon seluler dan nomor induk kependudukan penggunanya.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur berbagai nomor kontak layanan salah satunya bantuan langsung tunai sejak diluncurkan pada April 2020.

Aplikasi bersatu lawan Covid-19 sudah diunduh oleh lebih dari 100ribu pengguna.

Ada pula aplikasi 10 rumah Aman yang diluncurkan oleh kominfo bersama kantor staf presiden pada akhir Maret 2020 aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50rb pengguna.

Baca Juga :   Kartu Telkomsel Hilang, Aktifkan Lagi Dengan Cara Ini
Aplikasi 10 Rumah aman yang bisa di download di Playstore

Berbasis komunitas aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau persebaran virus Corona di lingkungan terdekat penggunanya.

Tersedia fitur pencegahan penularan covid seperti pencatatan suhu tubuh secara berkala akurasi data yang dicatat oleh pengguna pada aplikasi aplikasi ini menjadi hal penting karena bila data yang tercatat tidak akurat maka aplikasi ini tak akan efektif membantu menekan penyebaran virus corona.

Meski banyak aplikasi penanganan Covid-19 itu dapat dipilih oleh masyarakat sesuai peruntukannya namun masih banyak warga yang enggan menggunakannya.

Selain kurangnya sosialisasi mengenai eksistensi aplikasi penanganan Covid-19 banyak warga mengaku ragu bila harus membagikan data yang bersifat pribadi untuk mengakses aplikasi yang tersedia selain membaca kebijakan privasi jadi pengguna harus bisa memilih aplikasi mana yang akan anda gunakan  

Di Balik kelemahannya aplikasi-aplikasi penanganan Covid-19 hadir guna membantu masyarakat lebih waspada saat beraktivitas di luar rumah.

Pilihlah aplikasi yang menyajikan fitur dan informasi sesuai kebutuhan Anda jadilah pengguna cerdas yang jeli Dengan memahami cara kerja setiap aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakanya.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *