Area Utama Keuangan Bisnis

iskandarnote.com – Oke, sobat pada ulasan kali ini admin akan mengulas sebuah informasi mengenai Area Utama Keuangan Bisnis.

Keuangan bisnis adalah salah satu bidang fungsional bisnis, bersama dengan pemasaran, manajemen, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan manajemen produksi.

Ini adalah salah satu area fungsional terpenting karena keuangan pada dasarnya adalah sumber kehidupan bisnis. Fungsi keuangan, yang terkait dengan akuntansi, bertanggung jawab untuk memompa uang ke area operasional bisnis lainnya.

Uang dialokasikan untuk operasi sehari-hari dan proyek-proyek khusus, dalam jumlah yang sesuai, oleh fungsi keuangan.

Tujuan perusahaan bisnis harus mengalokasikan uang ke area fungsional perusahaan dengan cara yang memaksimalkan kekayaan pemiliknya. Itu adalah tanggung jawab keuangan bisnis.

Apa itu Keuangan Bisnis?

Keuangan bisnis adalah salah satu area terpenting perusahaan karena uang adalah kekuatan pendorong bisnis.

Akuntansi bertanggung jawab untuk mengambil data keuangan mentah yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis dan mengembangkan laporan keuangan untuk pemilik bisnis.

Keuangan, pada gilirannya, melangkah untuk membaca dan menganalisis laporan keuangan dan dokumentasi pendukung.

Fungsi keuangan bisnis bertanggung jawab atas pengelolaan uang perusahaan, proses perolehan dana untuk perusahaan, dan pengelolaan seberapa besar risiko yang harus diambil perusahaan untuk mengembalikan uang dalam jumlah yang memadai kepada pemiliknya.

Dalam bisnis kecil, pemilik dan manajer bisnis harus memiliki pemahaman dasar tentang keuangan bisnis bahkan jika mereka mengalihdayakan area tertentu dari operasi keuangan mereka.

Misalnya, usaha kecil dapat mengalihdayakan setidaknya sebagian dari pembukuan dan akuntansinya . Menjadi akrab dengan dasar-dasar keuangan bisnis dapat memberikan pemilik beberapa alat tambahan untuk membantu memahami kompleksitas keuangan kepemilikan bisnis.

Tiga bidang utama keuangan bisnis adalah keuangan perusahaan, investasi dan pasar keuangan, dan manajemen risiko.

Keuangan perusahaan

Keuangan perusahaan adalah deskripsi luas tentang perencanaan, pengelolaan, dan pengendalian uang perusahaan.

Keuangan perusahaan mencakup manajemen modal kerja, analisis laporan keuangan, penganggaran kas, penganggaran modal, dan banyak lagi. Dalam bisnis kecil, pemilik/manajer melakukan operasi keuangan harian perusahaan.

Dalam bisnis yang lebih besar, keputusan keuangan harian dapat dibuat oleh pemilik/manajer, bersama dengan komite keuangan. Transaksi keuangan yang lebih besar mungkin perlu disetujui oleh Dewan Direksi perusahaan.

Keuangan perusahaan mencakup pengelolaan bidang-bidang fungsi keuangan berikut ini:

  • Manajemen Modal Kerja
  • Penganggaran Tunai
  • Analisa keuangan
  • Pengembangan Laporan Keuangan
  • Penganggaran Modal
  • Kebijakan Dividen

Dalam bisnis kecil, pemilik menggunakan informasi keuangan ini untuk melacak saldo akun dari biaya, pendapatan, dan pengeluaran yang ditemukan pada laporan laba rugi, dan informasi dari laporan arus kas.

Kinerja diukur dengan mengembangkan metrik seperti rasio lancar kemampuan untuk membayar kewajiban keuangan Anda tepat waktu.

Neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas dibuat untuk tujuan akuntansi. Pernyataan ini diperlukan untuk perusahaan yang diperdagangkan secara publik mereka telah menerbitkan saham kepada investor di pasar perdagangan publik tetapi mereka juga dapat digunakan untuk menganalisis bisnis swasta dari semua ukuran.

Analisis keuangan biasanya digunakan sebagai metode untuk menentukan likuiditas, solvabilitas, dan potensi investasi perusahaan. Ini juga dapat menjadi alat penting bagi bisnis untuk digunakan secara internal untuk melihat kinerja keuangan berbagai departemen, operasi, atau proses.

You May Also Like

About the Author: peri

Leave a Reply

Your email address will not be published.