Asal Usul Cerita Lagu Lathi Yang Sebenarnya

asal usul cerita lathi

Lathi merupakan Sebuah lagu yang pertama kali saya dengar, saya menganggap kalau lagu tersebut merupakan lagu buatan DJ luar negeri seperti Alan Walker dan semacamnya.

Namun setelah menonton video tiktok dari seorang beauty vlogger yaitu Jharna Bhagwanie.

asal usul legenda lathi

Nah langsung saya penasaran sama tu lagu dan akhirnya saya cari asal usul dan cerita legenda dari lagu lathi.

Bukan Cerita Tentang Dewi Lathi

cerita legenda jawa lagu lathi

Sebelumnya saya membaca komentar di YouTube video latih, disitu ada yang bercerita katanya lathi merupakan seorang wanita yang dicampakkan oleh seorang pangeran.

Awalnya dewi lathi pertama diberi kemewahan oleh pangeran, lalu kemudian disakiti dan dicampakkan.

Sehingga Dewi Lathi berniat melakukan balas dendam dan membunuh Pangeran tersebut.

Nah karena makin penasaran, makanya saya cari cerita jawa kuno tersebut.

Namun… Setelah saya ubek-ubek di internet mengenai kebenaran cerita dewi lathi. ternyata saya tidak menemukan sama sekali cerita tentang Dewi lathi itu.

Baca artikel ini secara detail, karena saya akan membagikan cerita tentang asal usul lagu lathi yang sebenarnya.

Kenapa Pakai Vokal Sara Fajira?

legenda cerita lagu lathi

Lagu lathi merupakan sebuah lagu yang diciptakan oleh weird Genius yang terdiri dari 3 orang yaitu Eka Gustiwana, Reza arap oktovian, dan Gerard liu. Nah ketiga orang ini merupakan otak dari pembuatan lagu tersebut.

Banyak yang tanya kenapa harus pakai suara Sara Fajira? Kenapa gak pake vokal agnes mo aja?

Nih gue kasih tau.

Karena Lagu lathi menggunakan bahasa Jawa dan ketiga orang weird genius tidak tahu tentang bahasa Jawa.

Makanya ditariklah Sara Fajira yang lebih paham untuk membuat lirik lathi dari Jawa tersebut.

Dikutip dari sebuah portal berita, si eka gustiwana bilang gini.

Alasannya sederhana karena mereka kurang paham bahasa Jawa.

“Kami mundur selangkah kami persilakan Sara tulis bahasa Jawa yang bisa bikin kita merinding. Kami bikin bareng-bareng berempat,”

kata Eka.

Cerita dan legenda Dewi Lathi

legenda dewi lathi

Buat kalian yang percaya tentang Dewi lathi faktanya itu hoax.

Awalnya gue juga berpikir kalau “Lathi” merupakan kisah dan legenda dari Jawa ternyata gue salah.

Jadi lirik lagu lathi ini bukan terinspirasi dari cerita atau legenda Jawa, melainkan bercerita tentang percintaan yang penuh dengan kebohongan dan ego.

Lantas apa sebenarnya arti dari Lathi? dalam bahasa jawa, Lathi berarti adalah lidah. Lathi erat hubungannya dengan peribahasa “Ajining diri ono ing lathi, ajining rogo soko busono. Artinya, harga diri seseorang dari lidahnya (omongannya), dan harga diri badan dari pakaian.” 

Jadi gak ada sangkut pautnya sama dewi lathi.

Siapa yang mengusulkan Bahasa Jawa Pada Lagu Lathi?

Yang saya baca dari instagram Eka Gustiwana awalnya Lagu Lathi tidak memiliki lirik jawa. Jadi cuma musiknya aja ada sedikit musik gamelan.

Jadi yang punya inisiatif untuk menggunakan lirik jawa adalah Reza Arap, Ia Secara Spontan ingin ada lirik jawa dengan nyanyian seorang sinden. Kalau gak percaya lihat aja chat Eka Gustiwana dan arap dibawah ini.

pencipta lirik lathi

Jadi Topchart Di Spotify Dan Itune

topchart lagu lathi

Lagu Lathi emang keren parah, gak heran kalau menduduki peringkat pertama indonesia di spotify dan itune.

Oke dah cukup sampai disini dulu informasi tentang asal usul dan legenda lagu lathi.

Jika ini bermanfaat harap di bagikan ke media sosial kalian ya. Atau doain saya banyak duit dan masuk surga. Aamiin.

Mau Aman? Bagikan:

Tinggalkan komentar