Benarkah Pemerintah Tak Sengaja Pakai Dana Haji?

Iskandarnote.com Masih menjadi perbincangan hangat di media sosial, mengenai sebuah foto wakil presiden KH Ma’ruf Amin yang seakan-akan menuturkan bahwa pemerintah tak sengaja pakai dana haji, jadi nggak berdosa.”

Berawal dari ulasan tersebut, kemudian mulai bermunculan komentar-komentar pro dan kontra. Namun semua itu sepenuhnya tidak benar atau hoax. Tujuannya tidak lain tentu hanya untuk menggiring opini masyarakat dan menyesatkan.

Faktanya, gambar yang beredar di media tersebut merupakan hasil suntingan dari naskah sebenarnya. Yang mana berita sebenarnya adalah Paspampres grup A yang mulai berdatangan ke Wapres KH Ma’ruf Amin pada 27 Juni 2019 lalu.

Sementara itu, isu pemerintah tidak sengaja pakai dana haji juga memicu rumor lainnya bermunculan. Rizal Ramli mengatakan bahwa pembatalan haji 2021 bukan dikarenakan dunia tengah mengalami pandemi Covid-19 seperti yang telah diutarakan Menag Gus Yaqut.

Ekonom senior tersebut menilai, bahwa pembatalan keberangkatan haji tahun 2021 ini diduga karena pemerintah tidak membayar tagihan kepada Arab Saudi.

Memang itu luar biasa, kita dilarang tidak hanya karena Covid-19 saja, namun tagihan-tagihan yang seharusnya dibayar, pemerintah Indonesia belum membayar.” Ungkap Rizal Ramli pada sebuah rekaman video yang sempat dibagikan oleh akun @kh_notodiputro di Twitter.

Kemudian Anggito Abimanyu melalui Kepala BPKH (Badan Pengelolaan Keuangan Haji) menegaskan bahwa pernyataan yang dilontarkan oleh Rizal Ramli adalah hoax atau tidak benar.

Dana hajinya aman. Alhamdulillah kami mengelolanya dengan profesional dan prudent. Dapat dilihat di laporan audit BPK yang juga ada di website kami.” Tutur Anggito Abimanyu pada hari Sabtu 5 Juni 2021.

Dengan begitu, isu bahwa pemerintah tidak sengaja pakai dana haji bisa dipastikan hanya isu belaka dan tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Anggito juga mengungkapkan bahwa masyarakat dapat mengecek kebenaran dana haji yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti yang diungkapkan Rizal Ramli.

Dan, apakah ada hutang kita kepada pihak ketiga, termasuk Arab Saudi? Ya, tidak ada juga.” tambah Anggito dengan tegas.

Pihak kemenag hingga saat ini memastikan bahwa Indonesia tidak tersangkut hutang terkait dana haji dengan pihak ketiga yakni Arab Saudi.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.