Cara Cek Bansos BBM dan Link

Iskandarnote.com Cara Cek Bansos BBM Seperti yang sudah diketahui bahwa pekan lalu, pemerintah telah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi jenis pertalite dan solar. Kenaikan yang dinilai sangat signifikan ini tentu membuat sebagian masyarakat resah karena diperkirakan akan membuat sektor lain ikut bergejolak seperti harga kebutuhan pokok.

Mengingat, banyaknya masyarakat yang mengeluh akan hal tersebut. Maka, pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai. Bantuan sosial ini dimaksudkan agar bisa meningkatkan daya beli masyarakat terutama di tengah kenaikan harga yang kini mulai terasa.

Akan tetapi, bantuan sosial ini hanya diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang menerima manfaat. Sementara pencairannya dilakukan selama empat bulan yang mana per bulannya akan diberikan sebesar Rp 150.000.

Lantas, bagaimana cara cek bansos BBM? Temukan jawabannya berikut ini.

Cara Cek Bansos BBM dan Link

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwasanya bantuan sosial BBM ini hanya diberikan kepada masyarakat yang telah terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial kemensos. Jadi, bagi Anda yang sudah terdaftar dalam data DTKS, tidak perlu lagi melakukan pendaftaran untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Nah, bagi yang ingin memastikan apakah data dirinya sudah terdaftar dalam data penerima BLT BBM, bisa melakukan pengecekan secara online melalui website resmi Cek Bansos. Untuk panduan mengeceknya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi browser yang ada di perangkat Android.
  • Jika sudah terbuka, silahkan ketikkan tautan https://cekbansos.kemensos.go.id/ pada kotak pencarian.
  • Setelah itu, akan muncul halaman untuk melakukan pengisian data diri, silahkan isi data tersebut dengan lengkap.
  • Jika data sudah selesai diisi, silahkan masukkan kode captcha yang terdiri dari 8 digit huruf yang telah disediakan dalam halaman tersebut.
  • Selanjutnya, silahkan klik tombol cari data. Jika halaman menampilkan nama yang dicari, maka nama tersebut telah terdaftar sebagai penerima manfaat dalam DTKS Kemensos dan berhak menerima bantuan sosial BBM.

Itulah tadi cara cek bantuan sosial BBM dan link yang bisa dilakukan. Meskipun syarat utama menerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS. Namun, Anda tak perlu khawatir karena masih bisa mengusulkan diri sendiri ke dalam program tersebut.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.