Cara Cek Penghasilan Channel YouTube untuk Pemula

Iskandarnote.com Cek Penghasilan Channel YouTube-Mengecek penghasilan channel YouTube kerap membingungkan apalagi bagi para YouTuber pemula. Ditambah istilah-istilah khusus seperti RPM, CPM, dan lain-lain yang membuat kamu makin pusing. Nah, biar tidak bingung lagi, yuk cari tahu cara cek penghasilan chennel YouTube untuk pemula.

Selain mengecek pendapatan sendiri, kamu juga bisa melihat gaji YouTube orang lain. Berikut cara mengecek YouTube incom secara mudah. Siapkan diri dan jangan kaget melihat hasilnya kalau ternyata channel kamu bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah!

Cara Cek Penghasilan Channel YouTube

Berikut ada dua cara, yaitu mengecek penghasilan orang lain menggunakan Sosial Blade dan yang kedua mengecek penghasilan dari YouTube channel sendiri.

Pertama, mengecek pendapatan seorang dengan cara menggunakan bantuan pihak ketiga, yakni:

  1. Kunjungi website Social Blade di sini.
  2. Pada kolom yang tersedia, masukkan saja channel YouTube yang ingin kamu ketahui berapa pendapatannya.
  3. Klik Enter atau tombol pencarian berwarna biru, lalu hasilnya akan keluar berupa analitik.

Apabila ingin mengecek pendapatan channel YouTube milik kamu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, masuk ke akun gmail kamu yang terdaftar dalam akun channel YouTube kamu.
  2. Selanjutnya, klik Profil untuk mencari YouTube Studio.
  3. Setelah sampai pada halaman tersebut, pilih menu Analytics.
  4. Di bagian tab atas, pilih Pendapatan.

Mengenal Istilah Metrik Channel YouTube

Istilah metric yang muncul ketika mengecek pendapatan YouTube merupakan bahasa khusus yang digunakan YouTube dalam dunia content creator. Berikut beberapa metric yang perlu diketahui oleh seorang YouTuber.

1. RPM

Jumlah pendapatan per seribu ini merupakan hasil perolehan dari seluruh view video kamu per 1.000 jumlah penayangan.

2. CPM

Kalau RPM tadi merupakan standar yang dirancang untuk si pembuat konten, sedangkan CPM untuk para pengiklan. Dalam laporan CPM akan ditampilkan estimasi pendapatan per 1.000 kali pemutaran yang memuat iklan.

3. Estimasi Pendapatan Bulanan

Apabila ingin mengetahui jumlah pendapatan bersih, lihat pada bagian Estimasi Pendapatan Bulanan. Bagian ini akan menunjukkan jumlah uang yang kamu peroleh dari YouTube channel kamu selama 28 hari terakhir.

4. Durasi Menonton

Ingin tahu berapa lama orang menonton video-video kamu? Lihat saja bagian ini, yang mana merupakan estimasi rata-rata menit dari semua penayangan video.

5. Penayangan

Ini merupakan hasil total penghitungan sudah berapa kali video kamu ditonton.

6. Estimasi Pendapatan Iklan

Bagian ini akan memberitahu kamu seberapa banyak penghasilan dari iklan AdSense yang sudah diaktifkan di akun channel YouTube kamu.

Itulah cara cek penghasilan channel YouTube. Pahami metriks di atas untuk mengetahui dari mana pendapatan kamu berasal. Bila masih baru mungkin beberapa metriks di atas sulit untuk dipahami. Tapi jangan khawatir, selama sering mengecek analytics, kamu akan cepat memahaminya.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.