3 Cara Ekstrak File Zip Di HP Android Tanpa Aplikasi Terbaru

Cara ekstrak file zip di hp android tanpa aplikasi

Kembali lagi di blog yang cukup fenomenal ini kali ini saya ya sedang ingin menulis tentang bagaimana kita bisa membuka file zip di hp Android tanpa aplikasi.

Jika sebelumnya kita sudah membahas Bagaimana membuat sebuah file zip di hp, maka kali ini kita akan membahas cara ekstrak file zip tersebut. Kalau ada yang belum tahu bikin file zip di HP bisa baca di artikel berikut: Cara Membuat File Zip Di Hp Android.

Sebelumnya saya ingin menyapa kalian terlebih dahulu. Apakah kalian sedang sehat? kalau sedang sehat berarti Alhamdulillah lah. Ternyata obat cacing yang kalian minum untuk mengatasi diare cukup ampuh, et dah ngomong apa gua wkwk.

Oke lanjut Saya tahu Anda datang ke blog ini bertujuan ingin mencoba untuk bisa ekstrak file zip HP tanpa aplikasi.

Kenapa kalian tidak mau ekstrak file zip menggunakan aplikasi?

Kemungkinan HP kalian kentang atau memiliki memori dan ram kecil sehingga sangat irit untuk mendownload sebuah aplikasi untuk ekstrak file zip.

Kalian mestinya Harusnya bersyukur sudah memiliki HP Android kentang tapi milik sendiri. daripada saya, pakai Android Samsung a20s tapi cicilannya masih setahun lagi, sampai puyeng membayarnya.

Apa itu Ekstrak File Zip?

Cara Ekstrak File Zip Di hp android

Ekstrak file zip adalah cara untuk membuka buka dengan format Zip, itu menurut saya. Karena kita tahu sendiri bahwa file.zip menurut Wikipedia adalah sebuah file yang dikompres dengan cara pemampatan data sehingga ukurannya lebih kecil.

Alhasil cara ini ini sangat membantu untuk untuk memudahkan transfer antar data karena ukuran yang dikirim lebih kecil dari aslinya, pokoknya intinya begitu dah ya.

Contohnya nih misalnya kalian mau mau kirim ratusan foto, video atau dokumen PDF bisa di kumpulkan menjadi satu dalam sebuah folder. Nah folder tersebut biasanya memiliki ukuran total dari data yang dikumpulkan.

Jika dikompres menggunakan file zip maka ukuran folder tersebut akan menjadi lebih kecil, namun tidak mengurangi dari kualitas data tersebut, sehinga ini yang membuat cara untuk membuka file zip harus dengan cara di ekstrak terlebih dahulu, agar ukuran aslinya kembali seperti semula.

Cara Ekstrak File Zip Dibalik Kisahnya

Kenapa saya membuat tutorial ini? Hal ini lantaran berawal dari teman saya yang mendapatkan kiriman sebuah file zip dari grup facebook. Dan dia ingin mengirim file lewat email lagi untuk temannya.

Nah ketika itu dia datang ke rumah saya sambil membawa sebungkus cilok kacang, dan kebetulan itu adalah makanan favorit saya.

Dia pun bercerita, bahwa ia tidak bisa membuka file zip di HP dikarenakan dia tidak tahu apa-apa tentang HP Samsung yang baru dibelinya, karena sudah membawakan sebuah cilok yang menurut saya sangat lezat. Akhirnya saya pun mencoba untuk memberikan solusi terbaik.

Padahal cara ekstrak file zip di HP cukup mudah, apalagi HP Samsung karena kita bisa melakukan ekstrak file zip tanpa aplikasi sekalipun. Samsung sudah menyediakan menu ekstrak di pengaturan defaultnya.

Nah tutorial ini prakteknya menggunakan HP Samsung, saya tidak tahu kalau HP Xiaomi, Oppo, Vivo Asus atau realme. Silakan Kalian cari tutorial lain jika cara ini berbeda dengan HP yang kalian gunakan.

Tutorial Cara Ekstrak File Zip Di Hp Android Tanpa Aplikasi

1. Oke yang pertama adalah tentunya kalian harus punya HP Android dan sebuah folder yang diekstrak.

2. Silakan Buka folder zip yang ingin di ekstrak.

5XreRLM ZSpjI2WpaNsWjR1ru H 5wiB3MNZ2LRykm1FPY5VdhnwvvqVUSbygJa3oHBbIQA0XI5f4XPPIPTlk0oW1pVjcOYFqIgm19 eDHY1cR1JZapQt8uGgGCh548pHJPYio39
folder zip format tulisannya dibelakang adalah .zip

3. Setelah itu silakan Klik tombol “Ekstrak” yang berada di pojok kanan bawah.

Tampilan ekstrak zip pada hp samsung terbaru

Selesai! file zip sudah diekstrak, Anda bisa membuka file yang sudah ada di dalamnya

Bagaimana mudah banget bukan cara ekstrak file di HP?

Oh ya tutorial di atas menggunakan HP Samsung a20s yang sudah menggunakan Samsung UI One. Jadi untuk HP yang diluar Samsung seperti Samsung J1, Oppo, Vivo dan Xiaomi saya belum tahu.

Lalu bagaimana dengan Android yang tidak ada tombol pilihan ekstraknya?

Tenang saja, disini saya akan memberikan sebuah tutorial juga tentang hp android yang tidak ada tombol ekstrak file zip nya.

Tentunya untuk mengatasi hal ini kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa membuka file zip dan file lainnya. Tidak perlu berlama-lama lagi. Ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengekstrak file zip menggunakan aplikasi.

Aplikasi Ekstrak File Zip di Hp Android

Oh ya perlu kalian tahu kalau aplikasi ini tidak akan memberatkan HP kalian kok sebab ukuran aplikasi Z archiver hanya sebesar 13 mb saja. Selain itu aplikasi Z archiver juga merupakan aplikasi paling populer untuk membuat sebuah folder dan mengekstrak file Zip. Berikut cara ekstrak file zip di hp android menggunakan aplikasi z archiver.

1. Yang pertama silakan kalian install terlebih dahulu aplikasi ekstrak file zip yaitu Z archiver yang bisa anda Download di Play Store melalui link ini.

2. Buka aplikasi zArchiver kemudian pilih folder zip yang ingin anda ekstrak.

lQuf3bduu8ZsWFQxfnZO9sNFCZ3iC9DCwND neT  xSBTtq9 sLt rKyFn

3. Klik folder tersebut nanti akan muncul tombol pop up silakan Anda pilih “Ekstrak Disini”

rQBGwpdtIane0tpYJONNraF8pHbznxrjARmnBF2J4N1HYdCKUQ6IDMd8 xA7 D5oiz9Dcz I4LQX1S w2V4ICqPU4gr10kJy7rv5qx6L IOkVadJns 4Pbh EpY9CzciOn1FdWQ9

Selesai! file zip sudah di ekstrak dengan mudah, sekarang isi dari file zip tersebut bisa anda buka satu persatu, saya harap isinya bukan video pemersatu bangsa yang bisa merusak otak anda.

Jika Anda belum memahami tutorial cara ekstrak yang saya jelaskan diatas. Tenang saja saya sudah membuat video tutorial yang bisa anda tonton di bawah ini.

Video Cara Ekstrak File Di Hp Android

Dan pada akhirnya saya pun agak menyesal memberitahukan cara ekstrak file zip di HP, sebab saat ini teman saya apapun yang Ia lihat selalu diekstrak, bahkan dia juga pernah mengekstrak buah mangis.

Saran saya gunakan dengan bijak trik ekstrak file diatas, sebab HP Android versi KitKat milik Kalian tentu akan sedikit ngelag jika menggunakannya terlalu sering apalagi untuk membuat folder zip terlalu banyak.

Oke sampai disini dulu Semoga apa yang saya sampaikan bisa mencerahkan otak anda yang kalian bisa menangkap apa yang saya sudah tuliskan karena saya sendiri masih bingung apa yang sudah saya tulis.

Jangan lupa untuk share artikel cara ekstrak file di HP ini ke media sosial kalian seperti posting di Facebook, Instagram dan WhatsApp. Dan jangan lupa untuk Doakan saya agar selalu sukses dunia akhirat, aamin.

Mau Aman? Bagikan: