Cara Klaim Garansi HP Samsung Tanpa Nota Pembelian

Cara klaim garansi hp samsung

Bagaimana cara klaim garansi hp Samsung?

Tenang sobat kali ini saya ingin memberikan info yang cukup penting bagi anda pengguna HP Samsung tentang bagaimana cara klaim garansi HP Samsung entah beli hp secara online atau beli secara langsung.

Tapi sebelum saya membahas lebih jauh lagi Sebaiknya anda baca dulu artikel yang sudah saya buat sebelumnya dengan judul: Cara menghapus foto yang dipindahkan ke file sampah di hp samsung.

Oke lanjut, kali ini kita serius bikin artikelnya ya…?

Jadi saat itu saya baru saja membeli HP Samsung a20s yang saya beli secara online tanpa nota pembelian. ya setelah kurang lebih 4 tahun saya menggunakan HP Vivo Akhirnya saya mencoba beralih ke Samsung yang katanya memiliki merk ternama.

Ekspektasi saya Samsung merupakan HP yang tahan banting dan juga awet. Namun kira-kira Kurang lebih 5 bulan pemakaian, HP Samsung saya sudah dalam masalah atau kerusakan.

Masalah Kerusakan Hp Samsung Layar Terus Menyala

HP saya mengalami masalah karena tidak bisa sleep atau padam saat tidak digunakan atau bisa dikatakan menyala terus. Setelah saya amati ternyata pada bagian notifikasi layar selalu muncul bacaan konektivitas USB terhubung dan terputus.

Nah notifikasi itulah yang membuat layar HP Samsung saya tidak bisa mati meskipun layar terkunci dan tidak digunakan.

Saya pun berusaha untuk memperbaiki nya dengan cara melakukan reset pengaturan, melakukan setting pada bagian pemberitahuan dan melakukan restart HP.

Tapi semua nihil, usaha saya untuk melakukan perbaikan melalui menu setting tidak membuahkan hasil, masalah pada notifikasi konektivitas USB terhubung dan terputus terus saja masih berlanjut.

Saya berpikir untuk membongkar HP Samsung sendiri. Namun saya berpikir lagi, jika saya bongkar sendiri maka garansi resmi Samsung akan hilang.

Menelpon Call Center Samsung

Karena usaha tidak membuahkan hasil akhirnya saya berusaha untuk menelpon call center samsung dengan harapan masalah layar HP Samsung saya bisa menemukan solusi.

Saat menelpon call center di nomor 0800-1128888, customer servicenya cukup baik dan ramah. ia pun memberikan penjelasan secara detail, namun penjelasan yang ia jelaskan belum bisa mengatasi masalah pada HP Samsung a20s milik saya.

Mau tidak mau saya langsung tanyakan saja dimana lokasi service center Samsung di Bekasi. Dan ia pun menjawab jika lokasi Service Center Samsung Bekasi berada di lantai 1 Giant hypermall. Tak pakai lama saya langsung berangkat hari itu juga.

Sampai Di Service Center Samsung Bekasi

Setelah sampai di Mega Bekasi hypermall di mana lokasi service center Samsung berada, saya langsung masuk ke service center nya.

Setelah masuk di sana sudah banyak sekali orang yang mengantri sehingga saya agak bingung, namun setelah bertanya ternyata kita harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu.

Jadi nanti ketika Anda masuk ke service center Samsung sebaiknya langsung ambil nomor antrian nya seperti gambar di bawah ini. Dan silakan klik pada bagian perbaiki unit maka secara otomatis nomor antrian akan keluar.

Cara klaim kartu garansi hp samsung
Mesin nomor antrian di service center samsung

Setelah mendapatkan nomor antrian kurang lebih 20 nomor lagi ternyata sudah giliran saya. Saya kira tinggal menunggu 20 nomor lagi hanya sebentar. Namun saya salah, Ternyata saya menunggu hampir sejam setengah.

Jadi Saran saya Jika kalian ingin klaim garansi HP Samsung di service center nya, sebaiknya datang pada pagi hari agar mendapatkan nomor antrian lebih awal.

Cara Klaim Garansi Hp Samsung dan Peraturannya

Setelah nomor antrian saya dipanggil, saya pun langsung menghadap ke customer servicenya dan menjelaskan tentang kerusakan yang terjadi pada HP Samsung yang saya miliki.

Si Mbaknya pun langsung mengecek handphone milik saya, setelah beberapa menit pengecek Ia pun menyodorkan beberapa pertanyaan diantaranya:

  • Nomor telepon aktif
  • Nomor password HP Samsung
  • Alamat rumah
  • Apakah saya siap bila service menyebabkan kehilangan semua data file di HP samsung, jadi ketika nanti semua data HP hilang kalian tidak boleh protes.

Dan saya bingung. Mengapa kartu garansi HP Samsung Saya tidak di tanyakan sama sekali?

Ternyata oh ternyata pihak service center Samsung memeriksa kondisi HP saya terlebih dahulu

Syarat Service HP di Samsung Center

Jika terdapat kerusakan yang yang disebabkan oleh beberapa hal berikut seperti:

  • Rusak karena terkena air
  • Karena tegangan listrik
  • Kelalaian dan terjatuh

Maka klaim garansi tidak berlaku.

*Sebenarnya masih ada syarat dan kerusakan yang menyebabkan klaim garansi tidak berlaku, tapi yang saya ingat hanya itu.

Kalau ingin tahu lebih jelas apa saja syarat dan ketentuan hp yang berhak mendapatkan klaim garansi, silahkan lihat di website resmi samsung DISINI.

Oke lanjut Mbaknya juga menjelaskan jika pemeriksaan hp di service center Samsung akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000.

Catat: hanya pemeriksaan saja bukan perbaikan.

Wow Saya cukup kaget! tapi saya yakin jika HP saya ini kerusakan nya bukan karena tiga hal di atas, sebab kerusakan HP yang saya alami secara tiba-tiba saja dan tak diketahui apa penyebabnya.

Setelah memberikan pertanyaan dan penjelasan di atas kemudian customer service tersebut akan memberikan sebuah kertas perjanjian atau peraturan yang harus kita tanda tangani.

Jika sudah ditandatangani maka HP kalian akan dibawa ke tukang service nya.

Saya pun disuruh menunggu lagi Hingga 1 jam.

Cukup menguras waktu ternyata untuk klaim garansi di service center Samsung, saya sih maklum karena Samsung merupakan merk ternama yang sudah memiliki jutaan pengguna.

Setelah menunggu 1 jam Akhirnya saya dipanggi lagi, kali ini dengan Mbak tukang servisnya.

Dia pun menjelaskan jika HP saya pernah terkena air.

Hah! saya kaget karena menurut saya, saya tidak pernah membawa hp saya ke kamar mandi apalagi terkena air.

Saya berusaha untuk menjelaskan kepada mbak tukang servisnya jika HP saya belum pernah terkena air.

Tapi Mbak tukang servisnya bersikukuh bahwa HP saya pernah terkena air. Ia menjelaskan jika masalah HP yang terjadi pada HP saya merupakan masalah yang sudah dipastikan kena air atau debu.

Mendengar jawaban tersebut Akhirnya saya secara terpaksa mengiyakan pernyataan Mbak tukang servis tersebut.

Saya disodorkan lagi dengan sebuah kertas yang harus ditandatangani.

Setelah menandatangani, Mbaknya menjelaskan kembali bahwa jika harus ada suku cadang yang diganti maka saya harus membayar suku cadang tersebut, tapi mbak service nya akan mencoba untuk membersihkan suku cadang yang bermasalah terlebih dahulu.

Dan pembersihan suku cadang tersebut dikenakan biaya lagi!

Karena tidak mau berlama-lama Akhirnya saya menyetujui. Setelah itu saya suruh menunggu lagi.

Selang 15 menit saya pun Dipanggil lagi oleh Mbak tukang servisnya. Saat saya menghadap kedua kalinya, kondisi HP saya sudah dalam keadaan terbongkar.

Dia menjelaskan bahwa pada bagian colokan usb charger hp saya terkena korosi akibat percikkan air.

What?! hanya percikkan air saja hp Samsung sudah mengalami kerusakan?

Berbanding terbalik sekali dengan HP Vivo yang pernah saya miliki. Yang di mana HP Vivo Saya pernah kehujanan bahkan masuk ke dalam air namun Kondisinya masih baik-baik saja setelah saya keringkan di dalam beras.

Dan HP Samsung yang memiliki merek ternama tersebut ternyata bisa rusak hanya dengan percikkan air saja?

Saya berpikir jika itu hanya percikkan air betapa rentan sekali HP Samsung.

Saya mengakui jika saya mungkin pernah makan mie instan lalu percikan kuahnya terkena hp samsung saya, dan itu tidak banyak.

Nah jika HP saya pernah kena air maka mau tidak mau klaim garansi tidak berlaku dan ini sungguh sangat mengecewakan sekali.

Setelah menjelaskan bahwa HP Samsung A20 saya terkena percikkan air, si Mbaknya pun suruh saya menunggu lagi.

Aduh capek deh.

Setelah menunggu Kurang lebih selama 1 jam, Akhirnya saya dipanggil lagi kali ini saya harus menghadap ke kasir.

Kasir menjelaskan Berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Ternyata Mbak servisnya hanya membersihkan suku cadang pada HP Samsung saya dan itu dikenakan biaya.

Jadi total uang yang harus saya keluarkan adalah Rp116.000 meliputi jasa pemeriksaan dan pembersihan suku cadang.

Dan pada akhirnya kartu garansi Saya tidak terpakai sama sekali.

Klaim Garansi Samsung Sulit Tanpa Keringanan

Sebelum membayar saya bertanya lagi ke Mbak kasir.

“Mbak Apakah kartu garansi saya masih bisa digunakan?” Tanya saya.

“Tergantung Pak, jika kerusakan HP bapak terdapat jamur, terkena air atau terbanting maka kartu garansi tidak berlaku” Jawab mbaknya.

Mendengar jawaban itu langsung saya bayar saja biar cepat dan langsung pulang. Oia pembayaran juga bisa dengan kartu ATM BCA secara debit.

Saya berpikir ternyata klaim garansi Samsung sangat sulit.

Berbeda sekali dengan service center Vivo yang dimana bisa memberikan keringanan untuk mendapatkan klaim garansi.

Itulah sekelumit pengalaman saya untuk melakukan klaim garansi di service center Samsung Bekasi namun hasilnya nihil.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan klaim garansi hp samsung.

Jika ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke media sosial kalian. Atau paling tidak Doakan saya agar muda banyak uang dan tua masuk surga Aamiin…

Mau Aman? Bagikan: