Cara Melaporkan Penipuan Online, Langsung Diproses!

Iskandarnote.com Cara Melaporkan Penipuan Online -Belanja online saat ini sudah semakin diminati masyarakat. Terlebih, semenjak pandemi berlangsung, pusat perbelanjaan di tutup sementara, sehingga belanja online pun menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan harian.

Hal ini juga yang melatarbelakangi transaksi belanja secara online meningkat semenjak pandemi. Di balik meningkatnya transaksi jual-beli online, media sosial juga mengambil peran yang cukup besar.

Di mana media sosial menjadi salah satu platfrom bertemunya penjual dan para pembeli secara online. Sayangnya, di balik kepraktisan berbelanja secara online, ada acaman dari para penipu yang bisa dengan mudah melancarkan aksinya.

Apalagi di media social, semua orang bebas dalam mengakses segala sesuatu. Dan ini juga yang menjadi celah bagi para penipu untuk beraksi mencari korban. Teknik penipuaan saat ini pun sudah semakin berani dan canggih.

Namun, tidak perlu panik secara berlebihan, karena saat ini sudah tersedia banyak bantuan dan cara melaporkan penipu online dengan cepat yang pastinya gampang dilakukan. Sebelumnya, penting untuk kamu untuk cermat memeriksa keaslian nomor rekening yang diberikan terlebih dahulu.

Cara Melaporkan Penipu Online Untuk Blokir Rekeing Penipu

Salah satu cara terbaik untuk memberi efek jera pada pelaku penipuan online adalah dengan melaporkannya pada pihak bank agar nomor rekening yang digunakan diblokir.

Nah, untuk memblokir rekening penipu, kamu bisa langsung menghubungi pihak bank. Kamu bisa langsung datang ke kantor cabang bank tersebut untuk membuat laporan atau juga bisa menelpon nomor customer service bank yang digunakan si penipu.

Nantinya, kamu akan dibantu oleh petugas customer sevice untuk memproses laporan yang diajukan dan selanjutnya akan ditindaklanjut. Sebelum melapor kamu juga harus memiliki bukti aksi penipuan yang asli. Dengan begitu, pihak bank dapat memiliki kebijakan untuk memblokir nomor rekening tersebut dan memprosesnya ke pihak kepolisian

Cara Melaporkan Penipuan Online ke Kantor Polisi

Selain melaporkan penipu ke pihak bank, kamu bisa bisa melaporkan penipu online ke kepolisian untuk ditindaklanjut. Cara melapor penipuan online ke kantor polisi juga cukup mudah dan umumnya laporan bisa segera diproses setelah bukti terkumpul.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melaporkan penipuan online ke kantor polisi:

  1. Siapkan bukti yang cukup akurat
  2. Selanjutnya, bisa langsung datang ke kantor polisi
  3. Menuju ruangan SPKT
  4. Komunikasi dengan petugas, biasanya petugas akan menanyakan beberapa hal terkait laporan yang diajukan
  5. Tunggu pemberitahuan selanjutnya.

Cara Melaporkan Penipuan Online di Lapor.go.id

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah melaporkan pelaku penipuan online di lapor.go.id.

Tahap pelaporan terdiri dari beberapa tahap yaitu, penulisan laporan, proses verifikasi, proses tindak lanjut, dan pemberian tanggapan. Dan berikut cara melaporkan penipuan online di Lapor.go.id

  1. Masuk ke laman Lapor.go.id
  2. Pilih kategori pelaporan, yaitu “Pengaduan”
  3. Tulis judul pelaporan
  4. Tulis detail kejadian penipuan, yang meliputi nama akun penipu, jumlah kerugian, dan keterangan pendukung lainnya.
  5. Pilih tanggal kejadian
  6. Isi keterangan lokasi kejadian
  7. Tentukan instansi (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berkaitan
  8. Pada kategori “Situasi Khusus” pilih kategori “Tindak Pidana”
  9. Unggah lampiran (jika ada), ukuran maksimal 2 MB.
  10. Pilih kategori pengadu
  11. Klik tombol LAPOR!
  12. Isi data diri, setujui syarat dan ketentuan layanan, maka kamu berhasil mengajukan laporan.

Bagaimana, mudah bukan cara melaporkan penipuan online? Kamu bisa melakukan ketiga cara di atas secara bertahap agar efek jera dan hukuman setimpal didapatkan pelaku kejahatan.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.