Cara Melindungi Reksa Dana Dari Krisis Keuangan

iskandarnote.com – Cara Melindungi Reksa Dana Dari Krisis Keuangan – Banyak investor, seperti ekonomi pada umumnya, telah berada dalam mode pemulihan sejak jatuhnya tahun 2008.

Karena ekonomi tampaknya sedang naik , bahkan mereka yang ingin kembali ke permainan investasi dapat melakukannya dengan cukup gentar.

Meskipun ada sejumlah risiko yang melekat pada setiap jenis investasi, investor yang waspada mencari cara untuk melindungi portofolio mereka dari kerusakan akibat krisis keuangan berikutnya, kapan pun itu mungkin terjadi.

Pilih Dana Obligasi

Obligasi secara tradisional dianggap sebagai salah satu kendaraan investasi yang lebih aman karena memberikan pengembalian pokok dan pembayaran bunga yang dijamin setiap tahun.

Dalam hal melindungi investasi reksa dana Anda dari gejolak ekonomi, obligasi yang diterbitkan pemerintah bahkan lebih aman daripada obligasi korporasi. Meskipun pasar mungkin ambruk dan ekonomi mungkin merosot, kemungkinan pemerintah AS menyatakan kebangkrutan dan gagal membayar kewajibannya kepada pemegang obligasi rendah.

Dapatkan Eksposur Asing

Selain obligasi asing, dana yang diinvestasikan pada saham perusahaan asing yang berperingkat tinggi juga merupakan cara yang baik untuk membatasi risiko Anda di pasar yang bergejolak.

Sekali lagi, meskipun krisis Amerika dapat, dan memang, memiliki efek yang luas, perusahaan asing yang stabil dan diatur dengan baik tidak akan terlalu menderita jika pasar AS turun. Faktanya, beberapa saham asing sebenarnya dapat memperoleh nilai jika pasar ambruk dan pesaingnya di AS mendapat pukulan serius.

Hindari Dana Leverage

Sementara leverage dapat menjadi mekanisme yang sangat baik yang memungkinkan dana untuk menghasilkan keuntungan yang dipercepat, itu juga secara signifikan meningkatkan risiko dana.

Reksa dana sangat dibatasi sehubungan dengan jumlah leverage yang dapat mereka gunakan. Faktanya, jumlah maksimum uang yang dapat dipinjam oleh suatu dana adalah 33% dari total nilai portofolionya.

Meskipun ini jauh lebih rendah daripada leverage yang digunakan oleh sebagian besar dana lindung nilai , misalnya, masih meningkatkan kemungkinan dana tersebut menjadi bangkrut jika terjadi penurunan pasar. Jika Anda ingin menghilangkan risiko yang tidak perlu, hindari dana leverage dan produk berbahan bakar utang lainnya.

Kurangi Risiko

Reksa dana pasar uang secara luas dianggap sebagai reksa dana paling stabil. Karena dana ini hanya diinvestasikan dalam utang jangka pendek ultra yang dikeluarkan oleh pemerintah AS atau perusahaan dengan peringkat sangat tinggi, risiko gagal bayar sangat rendah.

Tentu saja, risiko minimal biasanya berarti pengembalian yang terbatas, sehingga dana pasar uang tidak dibangun untuk penciptaan kekayaan yang serius.

Namun, mereka dapat menjadi sumber daya berisiko rendah bagi mereka yang ingin melakukan lindung nilai terhadap potensi krisis.

You May Also Like

About the Author: peri

Leave a Reply

Your email address will not be published.