Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form Di Hp Cuma 5 Menit

Cara membuat google form di HP Android tanpa aplikasi, sehingga Anda bisa membuat Google formulir untuk soal ujian sekolah seperti pilihan ganda, essay atau membuat daftar calon peserta.

Halo apa kabar seseorang disana yang ingin tahu bagaimana membuat sebuah Google form sendiri. Entah itu untuk ujian sekolah, pendaftaran peserta atau acara. Yang pasti Kalian sudah menemukan sebuah artikel yang tepat karena saya akan menjelaskan secara rinci di sini.

Tapi tidak ada salahnya jika anda membaca semua artikel yang sudah saya tulis sebelumnya. Yang pasti artikel ini akan membuat Anda sedikit lebih pintar untuk menggunakan HP Android, baca: Cara Menggunakan Ovo Point Di Tokopedia Untuk Belanja Dan Beli Pulsa

Mengapa saya menulis artikel cara membuat Google form di hp?

Hal ini berawal ketika teman saya yang seorang guru ingin membuat ujian sekolah untuk siswanya. Namun karena terhalang oleh masa pandemi sehingga guru tersebut harus membuat soal secara online. Tujuannya agar murid bisa mengerjakan soal ujian secara online melalui Google form.

Nah sayang nya Dia tidak memiliki PC atau laptop untuk membuat Google form, sehingga mau tidak mau dia harus tahu bagaimana cara membuat Google formulir di HP Android yang dimilikinya.

Di saat itu jiwa pahlawan saya muncul, saya berniat untuk memberikan solusi dengan membuat sebuah tutorial secara detail melalui artikel tentang bagaimana cara membuat Google formulir di HP dengan mudah.

Namun sebelum memberikan tutorialnya, saya akan memberikan informasi mengenai apa itu fungsi Google formulir kepada teman saya dan Anda bisa menyimak juga dibawah ini.

Apa itu google formulir?

Cara membuat Google form di HP Android tanpa aplikasi sukses dengan mudah

Google form merupakan aplikasi administrasi yang dibuat oleh Google Inc. Dan terhubung dengan beberapa layanan kantor yang dibuat oleh Google seperti email, Google Drive, Google slide, Google spreadsheet dan Google dokumen.

Intinya Google formulir adalah layanan gratis yang dibuat oleh Google untuk pekerjaan kantor. Dan fungsinya banyak sekali seperti untuk membuat formulir, survei acara, kuisioner, ujian soal dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan beberapa media dan file ke dalam Google form seperti video, foto dan dokumen.

Apakah Google form gratis?

Ya benar sekali layanan Google formulir merupakan layanan gratis. Jadi anda tidak dipungut biaya apapun untuk menggunakan kapan saja.

Hanya saja untuk menggunakan layanan Google formulir Anda terlebih dahulu harus login ke akun Google. Tanpa login Anda tidak akan bisa menggunakan Google form.

Baiklah jika anda sudah mengetahui manfaat dan fungsi dari Google formulir, selanjutnya kita akan masuk ke tutorial cara membuat Google formulir secara mudah hanya dalam waktu 5 menit.

Yakinlah Anda bisa membuat Google form dengan mudah, asalkan anda bisa memahami tutorial di bawah ini dengan teliti dan seksama.

Cara membuat Google form di HP Android tanpa aplikasi dengan mudah

Untuk Anda yang tidak memiliki perangkat komputer atau laptop jangan bekerja hati smartphone Android Anda juga bisa untuk membuat Google formulir, walaupun nanti pekerjaannya agar tidak mudah namun Kalau ditelateni kemungkinan pasti bisa.

Baca Juga:  9 Cara Membuat File Zip Di Hp Android Termudah

Cara membuat Google form di HP yang akan saya praktekan ini tanpa aplikasi sehingga memori internal anda akan tetap lega.

Selain itu saya menggunakan HP Android Samsung a20s dengan RAM 3GB. untuk HP yang RAM dibawah 2GB saya belum tahu apakah bisa menggunakan cara ini atau tidak tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Cara membuat google form di Hp soal pilihan ganda

Untuk cara yang pertama kita akan membuat sebuah formulir untuk ujian soal pilihan ganda, bagi Anda yang ingin mengetahui caranya silakan simak di bawah ini.

  • Yang pertama silahkan buka browser google chrome dan pastikan anda sudah login ke akun google. Lalu buka web google form Disini.
  • Kemudian silahkan isi judul formulir deskripsi formulir dan pertanyaan.
  • Setelah itu di bawah pertanyaan judul silakan ubah menjadi “pilihan ganda”
  • Kemudian pada tulisan opsi 1 silakan ubah dengan Jawaban dari pertanyaan pilihan ganda.

VGWbAikCJoDND9tr5irTFXHM3mrSKjFa22SQZuk2x2XNwpklvlJi2xTeEIwDmdWjWmnorQqyQ8RU58PX4mYZLymaYouDF4QunO3tkqq0SJO4HK4jlQZPvgI20HOkq6VCArJB 1KQ

  • Jika ingin menambahkan jawaban tinggal Tuliskan saja jawaban di “tambahkan opsi” maka secara otomatis pilihan opsi jawaban akan bertambah
  • Jika ingin menambahkan pertanyaan pilihan silakan klik tanda “+” dibawah, ulangi seperti cara diatas.
  • Apabila pertanyaan wajib di isi, silakan centang tulisan wajib diisi yang berada di pojok kanan bawah.

Untuk melihat hasil yang Google formulir yang dibuat, Anda bisa melihat pratinjau terlebih dahulu contohnya seperti dibawah ini.

g HLxuqgIXQzPsKws2 YGbYr0Jdf5Y8X2jjvPUw WwViCXWykDivhj7QkTeSK8vSucFw sWTK IFkNpUAaBzjGBBKpCwGsLYT86ovqB9oRZVmDCt5QyBiG6NfaBL39LRTOHh5Qw1

Oke jadi jadi itulah cara membuat Google form di hp untuk soal pilihan ganda mudah di Android, selanjutnya kita akan membahas Bagaimana membuat Google form untuk soal essay.

Cara membuat google formulir untuk soal essay

Soal essay merupakan contoh soal cerita atau pertanyaan yang didalamnya tidak terdapat pilihan, pada umumnya peserta harus mengisi jawaban secara detail.

Sebenarnya untuk membuat soal essay menggunakan Google formulir sangat mudah, anda hanya tinggal mengubah opsi jawaban dari pilihan ganda menjadi “paragraf”.

Kenapa harus paragraf? karena dengan memilih paragraf berarti jawabannya harus panjang. Yang di mana karakter huruf tidak dibatasi.

Langsung saja silakan simak tutorialnya bagaimana untuk cara membuat Google form di hp untuk soal ujian essay.

  • Sama seperti Cara yang pertama Anda harus mengisi judul formulir deskripsi formulir dan pertanyaan essay.
  • Kemudian silakan ubah pilihan jawaban menjadi “paragraf”.

WsXATourHMVQSe74YPFaehXDIxQN11T4dXtLNGjbAGIkCiZnJxpq47rC9s5s8pRCNfpHsL2jKhPhE4x0nVAKyv6CuiGlvG mvZZYwdCb7tZhQoWPFf

  • Nanti akan muncul tulisan “teks jawaban panjang” silahkan di abaikan saja karena jawaban tersebut hanya bisa diisi oleh peserta atau murid.
  • Apabila Google formulir soal essay anda sudah selesai dibuat, silakan klik “pratinjau” untuk melihat tampilan nya.

FJGlLjViQCj0NLqpBYQbJ8aRPJ2WYhrTx2vPRUuGugIT4f4kxA5FWIi6vPllj8wMNfInvm1m6ZWj6BdX j

Jika pertanyaan essay sudah selesai silahkan Anda share dengan link atau email, tapi untuk tutorialnya saya akan ulas Di akhir artikel ini.

Begitulah cara membuat google form di hp untuk soal essay dengan Google formulir secara mudah, intinya anda hanya tinggal mengganti opsi jawaban saja.

Selanjutnya kita akan membahas tutorial Bagaimana cara membuat Google formulir linear di hp.

Membuat formulir skala linear dengan Google form

Skala linear merupakan sebuah skala dalam grafik dimana jarak antar harga dihitung berdasarkan poin. Intinya ada nilai terendah hingga tertinggi dan ini bisa digunakan juga untuk survei.

Oke Langsung aja tidak perlu pusing pusing memikirkan apa itu skala linear, yang penting kita tahu bagaimana cara membuatnya di Google formulir, ikuti tutorialnya.

  • Tidak jauh berbeda dengan cara pertama dan kedua itu harus isi formulir deskripsi dan pertanyaan.
  • Kemudian pada opsi pertanyaan silakan pilih “skala linear”.
Baca Juga:  Cara Beli Pulsa, Kuota Dan Paket Topping Byu Lewat OVO

kbGG1BcixSovvS1Y88UQ1Gs5O7DsxKjVNJPF3qCjgbB OoQXKvvUAPmVXO3wNFeFKcBqinPNjiKjJgOcmyV3qXw7OZDpaFGttahDDcZZP1eN8Cn6Mv2Pmis3 jT8PquOinNW5K H

  • Sesuaikan Point yang anda inginkan dari mulai angka 1 hingga 5 atau bisa sampai 10 terserah.
  • Kemudian tuliskan label opsi dari yang terendah tinggal yang paling tinggi
  • Tambahkan pertanyaan dengan mengklik tanda “+” di pojok kiri bawah lalu ulangi cara diatas.
  • Kemudian silakan pratinjau untuk melihat hasil tampilannya.

kspK wuJjyeq7AqwbVCt2Clf J6VMblyttrgdZx8ZKmnBhjRJGl40Od 3egN1zHbNPISpK2RQa6XUF2Wp20eqL1FtrsTqBJ520ewgc7 s3

Nah itulah cara untuk membuat skala linear di Google form silakan ikuti saja dan tambahkan banyak pertanyaan sesuai yang anda inginkan.

Jangan lupa centang “wajib diisi” jika jawaban tersebut wajib diisi oleh peserta.

Selesai, Sekarang Anda sudah bisa membuat Google form dengan skala linear silakan atur pertanyaan dan jawabannya sesuai dengan keinginan.

Cara membuat formulir pendaftaran dengan Google form

Selanjutnya kita akan membuat Google formulir untuk membuat formulir pendaftaran siswa baru atau peserta.

Pada tutorial ini kita harus mengkombinasikan opsi jawaban, disesuaikan dengan pertanyaan. Simplenya kita akan menggabungkan objek pertanyaan pilihan ganda, essay, batas waktu, tanggal dan menyediakan lampiran file.

Silakan kalian simak tutorialnya, agar tidak bingung Sebaiknya anda minum kopi sambil membaca, sehingga otak bisa lebih tenang dan jernih untuk bisa memahami cara membuat Google formulir pendaftaran.

  • Sama seperti cara di atas kita harus memasukkan judul formulir deskripsi dan pertanyaan.
  • Untuk pertanyaan nama, alamat, pendidikan, nomor telepon bisa kalian pilih opsi “jawaban singkat”.
  • Sedangkan untuk pilihan “jenis kelamin” silakan kalian pilih opsi “jawaban pilihan ganda”, kemudian untuk tanggal lahir pilih opsi jawaban “tanggal”.

Sebagai contoh Anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Setelah itu Anda bisa menambahkan Lampirkan File agar peserta bisa mengupload foto atau file yang dibutuhkan.

Kemudian silakan pratinjau jika sudah selesai dan pastikan formulir pendaftaran tersusun rapi sesuai dengan pertanyaan.

Itulah cara mudah membuat formulir pendaftaran secara online dengan Google form di HP Android, selanjutnya kita akan membahas cara membuat Google form di hp untuk upload file.

Cara membuat Google form untuk upload file

Dengan opsi upload file ini tentunya akan memudahkan para peserta bisa melampirkan foto atau file yang dibutuhkan untuk perlengkapan pendaftaran, bagi Anda yang ingin melengkapi Google form dengan upload file silakan simak secara baik-baik dan teliti di bawah ini.

  • Untuk menambahkan upload file silahkan anda pilih opsi jawaban menjadi “upload file”.

8Ka3U4Zz3QOC7QULXvoWrB7Zlx OeYnYgaV1tzn54RQlg9kcdovrUbVgdls iXuKAGQWF Ipmh5HYKSK7ejfC 8UmRHmAjfmwcQ7kVGXCq0W2c05il7 P2r7QbzyBEYW9TRSpg7y

  • Nanti akan muncul sebuah pertanyaan “izinkan responden meng-upload file ke drive”
  • Kemudian pilih “lanjutkan” dan tunggu hingga loading selesai.
  • Pada tampilan berikutnya nanti anda akan dihadapkan oleh beberapa pilihan seperti izinkan hanya jenis file tertentu, jumlah maksimum file dan ukuran file maksimal.

qU246LQaLxr8DD7MhuW4nXtpg3Kbwi Q7lpMVi9t3fC2 PhsR7RoIOhPa7Ui4p2nY3wMv P nLCmQ01eu2sc1bxqeoPlyHSz2g5NClARY 02EJ4N7Abd97UkzULp1SOEO2LIiEqD

Silakan sesuaikan jenis file dan ukuran file sesuai keinginan anda.

Cara membuat Google formulir di hp untuk upload file cukup mudah dan tidak memakan biaya alias gratis dan bisa anda lakukan di HP Android. Semua file yang akan di-upload oleh responden akan otomatis menyimpan ke akun Google Drive anda.

Cara membuat Google form banyak halaman

Untuk tutorial ini kita akan membuat Google formulir dengan banyak halaman atau bisa dikatakan lebih dari 2 halaman.

Sebenarnya sangat mudah sekali untuk membuat formulir di Google form menjadi 2 halaman, karena hanya anda hanya tinggal mengklik simbol di pojok kanan bawah.

7UUdlnLr3Sj9wXVvFKKH pCNT7 PjKIu Xfqh67TsiE3A ymjm45MmH255Q1XSuZglRw9BkygQ 4Y0U RATTPbWzMkUPxdCr6m1SE7tx4Vde53iQfTK e3P1  0oVBy 16D36d8b

Jika sudah anda klik maka secara otomatis Google formulir akan menjadi dua bagian halaman. Anda bisa melakukan cara tersebut untuk memperbanyak halaman sesuai keinginan.

Baca Juga:  4 Cara Membuat Folder Baru Di Hp Android Terbaru

Cara membuat Google formulir lebih menarik

Selanjutnya jika formulir anda sudah dibuat, ada baiknya buatlah formulir anda menjadi lebih menarik.

Caranya cukup mudah anda hanya tinggal mengklik tanda tempat kuas yang berada di atas.

lmQjLP9lwnm IB a7VQCHjztzzcZo47fJUfiuBrHjIeimGEySMV w5 AmN2OTwk0jyd V nMppTwu XUMRDEesrdNxz8mZTsNJ9eiYVtzdOzyiu8

Nanti akan muncul beberapa pilihan diantaranya mengganti header gambar, merubah gaya font, warna tema formulir dan background.

Silakan sesuaikan dengan tema anda inginkan sehingga formulir terlihat menarik dan peserta juga akan senang melihatnya.

Cara membuat link google form menjadi pendek bit.ly

Setelah dirasa google formulir yang anda buat sendiri sudah selesai dan tampilannya sudah menarik, selanjutnya silahkan kalian share google formulir mengirim lewat email atau link dengan cara mengklik tombol panah di pojok kanan atas.

Bagi Anda yang ingin membagikan Google formulir nya melalui link silakan pilih tanda tautan, kemudian jika ingin link google form tersebut menjadi pendek silakan centang “perpendek URL”. Terakhir “salin” link tersebut.

q

Atau Anda bisa memperpendek url dengan situs bitly, silakan pastekan url panjang tersebut di situs bitly tanpa harus login.

Itulah langkah-langkah atau panduan lengkap yang sudah saya buat untuk membuat Google formulir lewat HP tanpa aplikasi.

Video Tutorial Cara Membuat Google Formulir Di Hp

Jika Anda belum memahami tulisan artikel saya di atas Anda bisa melihat tutorial cara membuat Google formulir di channel YouTube saya di bawah ini.

Sebenarnya untuk cara membuat Google form di HP menggunakan aplikasi juga sudah ada, hanya saja aplikasi Google form tersebut bukan buatan dari Google sendiri melainkan aplikasi buatan pihak ketiga dari perusahaan lain.

Namun saya sarankan menggunakan cara tanpa aplikasi lebih simple dan mudah bahkan hanya 5 menit saja anda bisa membuat Google form sendiri.

Tak hanya itu dengan langsung membuat Google form di Chrome otomatis sudah terintegrasi oleh akun Google, sehingga secara otomatis bisa langsung sinkron dengan akun Gmail, Google Drive, spreadsheet dan Google dokumen.

Kelemahan menggunakan aplikasi tentunya akan membuat memori internal hp Android kalian akan menjadi penuh.

Jika ada kesempatan lain saya akan membuat tutorial tentang cara membuat Google form di hp android lagi secara lengkap seperti membuat Google form dengan barcode, untuk absen, Google form berbatas waktu, quiz hingga kuisoner.

Karena keterbatasan waktu dan sepertinya tulisan artikel yang sudah saya buat terlalu panjang. Makanya saya akan lanjutkan lagi di artikel berikutnya.

Saya tahu orang Indonesia jika terlalu lama membaca tidak akan fokus, sehingga kalau kalian tidak fokus tentunya tutorial ini tidak akan masuk dan meresap kedalam otak.

Penutup artikel Google form

Cara membuat Google formulir di HP Android memang cukup mudah, namun sayangnya saat membuat Google formulir lewat HP tidak selengkap membuat di laptop atau perangkat komputer.

Kalau kita membuat melalui HP ada beberapa fitur dan dan fasilitas yang tidak tersedia contohnya seperti grafik untuk pengisian survei, contoh formulir pendaftaran acara dan masih banyak lagi.

Sebenarnya kita juga bisa merubah tampilan Google formulir di HP menjadi seperti di desktop dengan melakukan setting-an pengaturan di browser, hanya saja nanti akan lebih sulit karena tampilannya akan melebar dan membuat anda kesulitan untuk melakukan setting google formulir.

Baiklah saya akhiri dulu artikel cara membuat Google formulir di HP tanpa aplikasi secara online. Semoga apa yang saya sampaikan bisa mudah Anda pahami dan praktekkan di rumah.

Mau Aman? Bagikan: