Cara Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pemula
Cara Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pemula

Posted on

Banyak orang mencari tahu cara memulai bisnis dari nol karena tidak semua dari mereka punya modal yang cukup untuk berbisnis.

Bagaimanapun juga bisnis bukan hal mudah, namun saat ini menjadi solusi paling pas untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Apalagi di masa pandemi ini, di mana angka PHK yang semakin besar yang juga merupakan imbas dari keterpurukan ekonomi. Biasanya bisnis yang sudah besar selalu menjadi tolak ukur bagi para pemula.

Jika anda ingin berbisnis, pasti memerlukan modal, tenaga, waktu, dan pikiran. Memang pada awal perjalanan tidak akan selalu mulus seperti yang diharapkan.

Maka itu, pelajari beberapa tips berikut bila anda ingin memulai bisnis dari nol agar ada bayangan bagaimana cara ataupun hal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu.

Tips Memulai Bisnis Dari Nol

Simak beberapa tips di bawah ini bagi anda yang berencana memulai bisnis!

1. Tentukan produknya dulu

Cara merintis bisnis yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan produknya dulu. Apa yang akan anda jual harus dipikirkan dahulu dengan matang.

Apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini dapat menjadi ide bisnis yang sangat menguntungkan, salah satu contohnya yaitu kebutuhan akan masker.

Di saat pandemi seperti saat ini, setiap orang harus menggunakan masker ketika keluar rumah. Dalam sebulan kebutuhan masker pasti banyak.

Jadi Anda bisa menjual kembali produk masker, atau jika anda punya keahlian menjahit, maka anda bisa membuat masker berbahan kain dengan corak tertentu untuk dijual.

Selain usaha masker, anda juga bisa memanfaatkan fenomena anak muda yang menggilai artis Kpop saat ini.

Anda bisa mengumpulkan gambar di internet kemudian membuat photocard atau pernak pernik lain yang berhubungan dengan idola anak muda. Besar kemungkinan produk tersebut akan laris manis di pasaran!

2. Tentukan jenis bisnis

Jenis bisnis yang dimaksud lebih berkaitan dengan mekanisme atau sistem, apakah anda akan membuat produk sendiri seperti photocard idola Kpop atau menjadi reseller untuk penjualan masker.

Keduanya memberikan peluang untung yang sama. Maka dari itu, menentukan mekanisme jualan yang tepat menjadi salah satu hal yang perlu anda pertimbangkan dalam tips merintis bisnis yang sekaligus menentukan pengelolaan berikutnya, apakah anda butuh karyawan atau bisa dikerjakan sendiri dengan bantuan anggota keluarga lainnya.

3. Cari informasi melalui sosial media

Anda dapat menentukan ide produk untuk bisnis awal dengan memanfaatkan media sosial. Coba cari tahu apa produk yang kira-kira akan laris di pasaran untuk beberapa tahun mendatang.

Anda bisa mencontoh pebisnis-pebisnis terdahulu yang lebih sukses sebelumnya. Penentuan produk bisa mengikuti tren yang sudah ada, bisa juga berdasarkan ide pribadi yang unik dan belum pernah ada.

Ini lebih menonjolkan karakteristik yang besar kemungkinan mendukung kemajuan lebih cepat.

4. Susun target untuk 6 bulan pertama

Cara memulai bisnis dari nol lainnya adalah menentukan target jangka pendek, minimal 6 bulan dari awal anda memulai.

Perhatikan sudah berapa banyak penjualan yang telah dicapai. Target perlu ditetapkan supaya anda bisa lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah apa saja langkah-langkah yang harus dikerjakan mulai dari pengadaan produk hingga promosi.

Untuk mencapai target tersebut, anda bisa memperhitungkan sendiri berapa jam yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis serta sarana promosi apa yang perlu digunakan supaya angka penjualan bisa sesuai harapan.

Dari target tersebut anda bisa menentukan besaran modal yang dibutuhkan, baik dari segi finansial, waktu, kebutuhan tenaga, dan sebagainya.

Ketika semua terukur dengan baik, anda bisa mengetahui bagian mana yang kurang maksimal, apakah perlu menambah modal dari pinjaman online atau pemanfaatan media promosi lain yang lebih jitu untuk mendongkrak penjualan.

Enam bulan pertama akan menjadi penentu langkah selanjutnya. Jika target anda tercapai, maka bisa dijadikan sebagai landasan untuk meningkatkan penjualan sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak sesuai harapan.

5. Fokus pada satu Bidang

Cara memulai bisnis dari nol yang banyak direkomendasikan pakar bisnis adalah fokus satu bidang.

Sebagai langkah awal, anda harus melakukan efisiensi. Meski banyak ide, sebaiknya tentukan satu bidang dulu saja.

Tidak masalah jika kedepannya menambah lini bisnis. Namun untuk pertama kali, fokus pada satu bidang atau 1 produk dulu untuk memulai personal branding supaya lebih dikenal oleh konsumen dan masyarakat luas.

Misalnya saja seperti KFC yang fokus menjual ayam goreng dan tidak menjual berbagai item seperti burger, ice cream dan sebagainya pada awal berdirinya kedai tersebut hingga kemudian namanya mulai dikenal dengan slogan “jagonya ayam”.

Seiring perkembangan jaman, banyak bermunculan produk serupa. Justru membuat KFC semakin diminati karena memiliki ciri khas yang telah dibangun dari personal branding pendiri sebelumnya.

6. Pilih mentor bisnis yang ahli di bidangnya

Yang terakhir adalah memilih mentor yang tepat, terutama bagi yang tidak memiliki latar belakang bisnis sebelumnya. Penting sekali untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan senior yang lebih berpengalaman.

Anda bisa memilih mentor yang menjalani bisnis serupa. Jika anda seorang reseller, maka bisa mencoba melakukan pendekatan kepada distributor utama.

Gali pengetahuan lebih jauh mengenai cara eksis dalam bisnis, bagaimana menghadapi setiap kendala dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *