Cara Menjadi Penulis Animasi

Iskandarnote.com~ Tertarik untuk menjadi penulis animasi, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai!

Penulis animasi memainkan peran penting dalam industri film. Materi kreatif ini bernilai tinggi, terutama untuk menghibur anak-anak.

Sementara sebagian besar penulis kartun adalah penerima gelar, peran tersebut tidak sepenuhnya membutuhkan mengantongi sertifikat, tetapi memerlukan lebih banyak kreativitas dan pemikiran imajinatif.

Sukses sebagai penulis animasi membutuhkan kombinasi bakat, keterampilan, semangat, dan pengalaman. Pada artikel ini, Anda akan belajar bagaimana menjadi seorang penulis animasi.

Apa Keterampilan Seorang Penulis Animasi?

Penulis animasi yang sukses membanggakan keterampilan tertentu yang membuat mereka menonjol di industri film. Menampilkan keterampilan berikut membuat mereka dapat diandalkan dan bankable.

1. Menulis

Anda harus menjadi penulis yang baik untuk menjadi penulis animasi. Dibutuhkan kecerdikan seorang penulis untuk menyusun cerita yang menarik dan mengubahnya menjadi naskah pemenang penghargaan.

Meskipun beberapa ahli percaya bahwa menulis adalah bawaan, yang lain berpendapat bahwa orang dapat belajar bagaimana meningkatkan tulisan mereka dari waktu ke waktu ketika mereka memikirkannya.

2. Menggambar / Membuat Sketsa

Animasi, secara umum, sangat visual. Saat Anda menulis skrip, Anda harus memvisualisasikan cerita Anda di kepala Anda dan menangkap visual tersebut, sehingga orang lain dapat melihat apa yang Anda pikirkan.

Mampu menggambar atau membuat sketsa sangat berguna, sehingga Anda dapat dengan mudah menafsirkan karakter dan subjek Anda.

3. Komunikasi

Seorang penulis animasi tidak bekerja sendiri; mereka bekerja dengan tim kreatif untuk mengubah ide atau naskah mereka menjadi film.

Anda perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berkembang dalam berkolaborasi dengan orang lain.

4. Desain Grafis

Karena kita hidup di era digital, menggambar atau membuat sketsa karakter Anda dengan pena di atas kertas tidak cukup.

Anda harus dapat menggunakan alat digital untuk menggambar Anda, dan Anda memerlukan keterampilan desain grafis untuk melakukannya dengan sukses.

Dengan keahlian desain grafis, Anda dapat menyesuaikan template grafis animasi gratis agar sesuai dengan kebutuhan animasi Anda.

5. Manajemen Waktu

Produksi film sangat besar pada manajemen waktu. Seluruh produksi harus mengikuti jadwal untuk menghemat biaya dan memenuhi jadwal rilis.

Sebagai penulis animasi, Anda akan mengerjakan tenggat waktu yang ketat untuk disampaikan, jadi penting bagi Anda untuk memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik .

Sutradara atau produser mungkin membutuhkan Anda untuk membuat perubahan cepat pada naskah Anda, dan Anda harus melakukannya dalam waktu yang ditentukan agar lingkaran produksi tetap berjalan.

Apa Langkah-Langkah Menjadi Penulis Animasi?

Setelah Anda memperoleh keterampilan di atas, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikut untuk membangun karir sebagai penulis animasi.

1. Pelajari Materi Animasi

Penulisan animasi sangat berbeda dengan jenis penulisan lainnya. Anda tidak hanya terjun ke lapangan tanpa membekali diri dengan pengetahuan. Baca komik dan pahami apa yang membuat karya animasi berbeda dan unik.

Luangkan waktu untuk menghubungkan ide-ide dan mempelajari struktur animasi lainnya. Pelajari adegan dan aksi yang penuh warna.

Di atas segalanya, seorang penulis animator harus tahu cara memasukkan dua karakter atau lebih dalam satu adegan.

2. Ikuti Kursus

Menulis animasi bukanlah sesuatu yang Anda ambang dan menjadi sukses secara tiba-tiba. Sama seperti setiap karir lainnya, itu membutuhkan pelatihan maksimal dan proses pembelajaran bertahap.

Meskipun Anda tidak perlu gelar sarjana untuk berkembang sebagai penulis animasi, Anda memerlukan beberapa pelatihan.

Internet penuh dengan beberapa platform yang menawarkan kursus tertulis. Platform seperti Udemy dan Coursera akan menghubungkan Anda ke akar jenis tulisan ini.

Selama kursus animasi Anda, Anda akan terlibat dengan penulis lain yang berpikiran sama, bersemangat dan berkomitmen untuk belajar.

Jangan melewatkan kelas; mengambil tugas dan menghadiri setiap tugas yang ada. Dan kemudian perhatikan bagaimana tulisan Anda meningkat.

3. Berlatih dan Bangun Portofolio Anda

Memiliki latar belakang pelatihan yang solid meningkatkan peluang Anda untuk menjadi penulis animasi yang sukses, tetapi tidak sebanyak sampel Anda.

Dalam industri film, portofolio berbicara banyak. Orang ingin melihat apa yang telah Anda lakukan dan seberapa baik Anda melakukannya.

Disarankan untuk mulai membangun portofolio Anda sedini mungkin. Sementara Anda menghabiskan waktu mengembangkan diri sebagai seorang guru, pastikan Anda tidak kehilangan kesempatan.

4. Pitch Cerita Anda ke Eksekutif dan Studio Film

Menjadi penulis animasi yang sukses membutuhkan banyak prestasi. Ini juga mengharuskan Anda memulai di suatu tempat dan menghindari bersembunyi.

Setelah membuat Alkitab skrip, Anda harus menyampaikannya kepada orang-orang yang penting. Anda dapat menghubungi perwakilan jaringan secara langsung atau meminta agen melakukannya untuk Anda.

Perhatikan bahwa agen untuk penulis animasi mengumpulkan potongan dari penghasilan mereka.

Namun, koneksi dan pengalaman mereka di industri membantu membuka jalan bagi para pemula.

Mereka dapat membantu menyegel proyek pembuatan film baru atau mengamankan peran untuk Anda dalam serial yang sedang berlangsung.

5. Kembangkan Keterampilan Anda Secara Terus-menerus

Selalu ada ruang untuk perbaikan sebagai penulis animasi. Seperti Anda, ratusan penulis ada di luar sana, berjuang untuk menjadi wajah industri. Anda tunda, Anda kalah.

Sebagai penulis animasi yang bersemangat, Anda harus mencari lebih banyak pengetahuan tentang kerajinan Anda dan memahami setiap bagiannya.

Anda dapat bergabung dengan forum dan komunitas animasi online untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis tulisan ini dan mengisi kembali pemikiran Anda dengan ide-ide segar.

You May Also Like

About the Author: sale iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published.