Cara Split Screen Samsung, Buka 2 Layar HP Tanpa Aplikasi

Cara split screen samsung bisa membuka 2 layar sekaligus tanpa aplikasi, sehingga Anda bisa melakukan multitasking windows untuk chattingan sambil menonton YouTube cocok untuk semua HP android Samsung.

Halo teman apa kabar Apakah anda sedang bingung bagaimana mengaktifkan split screen Samsung yang belum Anda ketahui?

Tenang saja saya akan memberikan tutorialnya Bagaimana kita bisa menampilkan dua layar aplikasi di HP Samsung.

Tapi sebelum kita berlanjut membahas tutorialnya ada baiknya Kalian membaca sebuah artikel yang sudah saya buat dengan susah payah berikut ini: Cara cek kuota 3.

Mengapa kita harus mengaktifkan split screen yang bisa membuka 2 layar di HP Samsung? Karena dengan cara membagi dua layar kita bisa melakukan chatting Whatsapp dan nonton YouTube serta berbagai hal lainnya sekaligus.

Apa itu layar split screen?

Layar split screen merupakan sebuah fitur yang terbenam pada sebuah device, entah itu komputer atau hp yang bisa menampilkan multitasking beberapa layar dalam satu device.

Bahasa sederhananya anda bisa menggunakan sebuah software atau aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Sehingga Anda tidak perlu menutup aplikasi sebelumnya untuk membuka aplikasi yang lain.

Yang di mana bermanfaat untuk Anda yang ingin membaca situs berita, chattingan, menonton YouTube secara bersamaan dalam beberapa layar.

Study case Kenapa saya membuat artikel cara split screen Samsung?

Hal ini pernah terjadi oleh teman saya saat itu ia sedang chatting-an dengan dual Whatsapp Samsung, tiba-tiba ia mendapatkan notifikasi sebuah pesan dari telegram, tapi dia tidak ingin menutup aplikasi chatting Whatsapp untuk membuka telegram.

Yang pada akhirnya dia bertanya sama saya.

Bagaimana membagi 2 layar HP di samsung?

Oh itu namanya splitscreen, yang di mana kamu bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar.” Jawab saya.

“Bagaimana cara membuka 2 layar di Samsung tanpa aplikasi?” Tanya dia lagi.

Oh itu mudah, tapi kalau saya jawab di sini terlalu singkat. Untuk itu saya harus membuat tutorial Bagaimana menampilkan 2 layar di Samsung.

Cara Split Screen Samsung Tanpa Aplikasi

Cara split screen Samsung membuka 2 layar HP

Nah bagi teman-teman pengguna HP Samsung bisa juga menggunakan cara ini jika tidak tahu bagaimana mengaktifkan split screen di HP Samsung.

Caranya mudah, kamu tidak perlu bantuan aplikasi lainnya karena Samsung sudah membenamkan fitur split screen yang sangat canggih, bahkan anda bisa membuka 2 layar dan 3 layar sekaligus.

Untuk diketahui, bahwa penggunaan split screen ini hanya support untuk HP Samsung Android yang sudah menggunakan OS Android 7 keatas atau minimal sudah menggunakan Samsung one UI.

Cara Membuka 2 Layar Hp Samsung Tanpa Aplikasi

Jika sudah memastikan HP Android Samsung Anda menggunakan versi Android ke-7 atau sudah menggunakan Samsung one UI, maka anda bisa melanjutkan tutorial di bawah ini.

  • Yang pertama silakan buka beberapa aplikasi yang ingin anda split screen lalu Tutup kembali
  • Kemudian klik menu pojok kiri bawah untuk recent app yang baru dibuka
  • Lalu silakan klik icon aplikasi tahan beberapa detik
  • Jika sudah muncul sebuah menu pop up dari bawah Selanjutnya silakan klik “buka dalam tampilan pop-up
  • Maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terbagi menjadi layar kecil
  • Lakukan secara berulang untuk aplikasi kedua dan ketiga dengan cara yang sama, maka semua aplikasi akan terbagi menjadi beberapa layar.
  • Jika setelah ditekan icon aplikasi tidak muncul tulisan “buka dalam tampilan pop-up” berarti aplikasi tersebut belum mendukung fitur split screen untuk membagi layar.

Anda bisa mengubah ukuran layar menjadi full penuh atau sesuai yang diinginkan. Dengan cara menekan pinggir layar lalu geser ke kiri atau ke atas sesuai lebar dan tinggi yang anda inginkan.

Itulah cara split screen Samsung dengan mudah tanpa aplikasi sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi secara bersamaan dalam 2 layar.

Tutorial Cara Split Screen Samsung

Bagi Anda yang belum memahami penjelasan diatas bisa langsung simak saja video cara split screen Samsung di channel YouTube saya bawah ini.

Silakan subscribe channel YouTube saya di atas untuk mendapatkan informasi tentang trik HP android Samsung terbaru.

HP Samsung Yang Support Split Screen

Sebelum mengaktifkan Bagaimana cara split screen di Samsung, anda perlu mengetahui bahwa tidak semua merek HP Samsung bisa menampilkan 2 layar sekaligus, karena ada beberapa HP yang belum support seperti Samsung Champ, J2, j7 dan j1 mini.

Sebab fitur ini hanya support untuk pengguna HP Android yang sudah update menjadi versi Android 7 ke atas minimal Android nougat keatas.

Beberapa tipe Samsung yang sudah support diantaranya M20, note 20 ultra, A10, A20s, A50, A512 dan semua Samsung yang sudah menggunakan Samsung one UI.

Jadi untuk HP Samsung yang masih menggunakan Android versi 7 ke bawah sebaiknya urungkan niat anda untuk mengikuti tutorial ini, karena akan sia-sia dan membuang-buang kuota internet.

Tak hanya itu ada beberapa aplikasi juga yang belum tentu support dengan fitur split screen Samsung. Salah satu contoh aplikasi yang tidak support split screen adalah Instagram.

Info tambahan tentang cara split screen Samsung

Untuk beberapa aplikasi banyak yang belum mendukung fitur split screen. oleh karena itu jika aplikasi tersebut tidak bisa membagi layar sebaiknya abaikan saja. Karena bukan HP anda yang tidak support split screen tapi aplikasinya yang belum mendukung.

Ketika anda menggunakan split screen pada HP Samsung maka penggunaan baterai HP anda akan menjadi boros, sebab aplikasi berjalan secara bersamaan. Yang di mana tentunya akan menguras baterai anda ada dengan cepat.

Untuk menghemat baterai samsung sebaiknya charger baterai Anda sebelum indikator baterai berwarna merah sebab kalau dipaksakan akan membuat usia baterai cepat rusak.

Gunakan charger Samsung yang original agar baterai anda tetap awet, ketahui perbedaan charger ori Samsung dan KW untuk agar tidak tertipu dengan penjual yang ada di marketplace.

Semoga informasi tentang cara split screen Samsung di atas bisa mengatasi masalah anda yang kebingungan bagaimana membuat dua layar di HP Samsung

Leave a Comment