Daftar Mobil yang Tidak Boleh Pakai Pertalite

Iskandarnote.com Mobil Dilarang Pakai Pertalite – Mobil menjadi salah satu kendaraan pribadi yang termasuk banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Efisiensi menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakannya. Pemerintah Indonesia sendiri baru-baru ini menetapkan suatu kebijakan mengenai pengisian bahan bakar. Salah satu dampaknya adalah adanya daftar mobil yang tidak boleh pakai pertalite.Apakah mobilmu adalah salah satunya?

Pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi atau BPH Migas melakukan revisi pada Perpres atau Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, serta Harga jual eceran BBM.

Pada peraturan yang sudah direvisi ini mengatur dan memberikan informasi daftar mobil mana yang boleh membeli BBM pertalite maupun subsidi. Pembelian pertalite melalui aplikasi MyPertamina sudah mulai diberlakukan pada kota-kota seperti Bukit Tinggi, Bandung, Yogyakarta, Ciamis, Denpasar hingga Manado.

Untuk saat ini, ada aturan baru pembelian BBM. Pemerintah mengklasifikasikan jenis mobil mana saja yang boleh menggunakan pertalite dan mana saja yang tidak boleh menggunakan bahan bakar jenis yang satu ini.

Menurut penelusuran yang kami lakukan, kriteria mobil yang boleh memakai bahan bakar minyak pertalite maupun solar adalah mobil yang memiliki kapasitas mesin di bawah 2000 cc, selain itu tidak boleh menggunakannya.

Apa alasan pemerintah memberlakukan peraturan demikian? Hal ini karena pemerintah menganggap bahwa mobil yang di atas mesin tersebut alias di atas 2000 cc merupakan mobil mewah sedangkan bahan bakar subsidi diperuntukkan bagi mereka para pengguna kelas menengah hingga bawah.

Jadi, jika pemilik mobil di atas 2000 cc tetap menggunakan  BBM subsidi, dianggap tidak tepat. Nah, daftar mobilnya apa saja?

Daftar Mobil yang Dilarang Pakai Pertalite

  1. Toyota, Avanza (kecuali varian mesin 1.300 cc), Veloz, Voxy, Alphard, Vellfire, Innova (Bensin), Sienta, Vios, Altis, Rush, C-HR, Corolla Cross, Fortuner (bensin), Yaris
  2. Daihatsu, Xenia, Terios, Luxio Gran Max minibus
  3. Suzuki, Ertiga, Baleno, XL7, SX-4, S-Cross, APV
  4. Mitsubishi, Xpander dan Xpander Cross
  5. Honda, Mobilio, BR-V, HR-V, CR-V, Civic, Civic Type R, City, Accord
  6. Mazda, 2 Sedan, 2 Hatchback, 3, CX-3, CX-30, CX-5, CX-8, CX-9, 6 Sedan, 6 Estate, MX-
  7. Hyundai, Stargazer, Creta
  8. Wuling, Almaz, Cortez, Confero
  9. Nissan, Livina, Serena
  10. BMW, Seri 2, Seri 3, Seri 4, Seri 5, Seri 5 Touring, Seri 7, Seri 8, X1, X3, X4, X5, X6, X7, Z4, M3, M4, X3M, X4M
  11. Mercedes-Benz, C-Class, E-Class, CLS, GLC, GLE, GLS, S-Class, Vans
  12. Morris Garage, ZSHS5 GT
  13. DFSK, i-Auto, Glory 560
  14. Mini, Cooper 3-Door, Cooper 5-Door, Convertible, Clubman, Countryman, John Cooper Works
  15. Renault, Koleos
  16. Lexus, LS, LC, RX, NX, UX, LM
  17. Audi, A5, A6, A8L, Q5, Q7, Q8, RS4 Avant, RS4 Coupe

Nah itulah sederet lengkap mobil mobil yang tidak boleh menggunakan pertalite lagi sebagai bahan bakarnya karena memiliki mesin dengan kapasitas di atas 2000 cc. Lantas, siapa selain pada pemilik mobil, siapa saja yang berhak mendapatkan BBM subsidi?

Masih berdasarkan peraturan presiden, beberapa pihak yang boleh menggunakan BBM subsidi beberapa diantaranya adalah para petani atau kelompok tani serta usaha pelayanan jasa alat mesin pertanian yang tidak memiliki luas tanah lebih dari 2 ha.

Pengusaha ikan skala kecil, nelayan dengan kapal tidak lebih dari 30 GT, usaha mikro, krematorium, panti asuhan dan jompo, serta rumah sakit tipe C dan D. Jadi bagaimana? Apakah mobil Anda masuk ke dalam daftar mobil yang tidak boleh pakai pertalite?

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.