Deretan Game yang Diblokir Kominfo Hari Ini

Iskandarnote.com Deretan Game yang Diblokir Kominfo resmi melakukan pemblokiran pada sejumlah situs dan game sejak Sabtu 30 Juli 2022 ini. Sejumlah game yang diblokir tersebut membuat para gamer khususnya di Tanah Air tidak dapat lagi untuk mengaksesnya.

Selain itu, pemblokiran ini mengakibatkan platfrom terkait tidak dapat lagi untuk diunduh, dimainkan, informasi tidak dapat ditemukan dan juga pembelian game tidak dapat dilakukan lagi.

Terpantau pemblokiran oleh Kominfo ini sudah menyasar setidaknya lima platform . Beberapa platform yang sudah diblokir meliputi kategori platform game dan distribusi game popular yang ada di Tanah Air, untuk daftarnya sebagai berikut:

  1. Orgin untuk genre platform EA
  2. Counter Strike dalam genre game
  3. Dota dalam genre game
  4. Steam sebagai platform distribusi game
  5. Epic Games sebagai platform distribusi game

Kelima platform digital di atas mulai diblokir Kominfo sejak hari Sabtu, 30 Juli 2022 pagi hari. Pemblokiran ini dilakukan karena platform digital tersebut belum mendaftarkan diri ke Kominfo setelah dikirim surat teguran.

Menurut Peraturan mentri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronok (PSE) Lingkup Privat bahwa semua platform digital berkewajiban untuk melakukan penaftaran.

Pada Sabu, 23 Juli 2022 lalu pihak Kominfo sudah mengirimkan surat teguran kepada Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike dan juga Origin. Hal ini disampaikan langsung oleh Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan.

Menurut Samuel perhitungan hari setelah pemberian surat peringatan terhitung sejak Senin 25 Juli sampai dengan 29 Juli 2022. Surat teguran ini berlaku selama lima hari jam kerja setelah surat dikirim.

“Jadi kami baru mengirimnya itu tanggal 23 (Juli) hari Sabtu, bukan hari kerja. Makanya berlakunya Jumat sekarang. Karena kami harus verifikasi. Jadi dikirim 23 Juli, maka takedown-nya nanti (tengah) malam,” ucap Samuel dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Pusat pada hari Jumat, 29 Juli 2022 sore.

Pelaksanaan pemblokiran dini benar-benar dilakukan oleh Kominfo, dan dilakukan pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 pagi. Waktu ini memiliki selisih satu hari setelah surat teguran berlaku.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.