Fakta-Fakta Ibu Kota Baru “Nusantara”

Iskandarnote.com Fakta2 Ibu Kota Baru -Pemindahan Ibu Kota negara Indonesia menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia saat ini. Tentunya perpindahan ini juga menimbulkan pertanyaan, di manakah Ibu Kota Negara baru yang mengantikan Jakarta?

Presiden Joko Widodo pun akhirnya membeberkan Ibu Kota Negara baru Indonesia. Jokowi memutuskan bahwa Nusantara sebagai daerah Ibu Kota Negara baru Indonesia. Yang mana Nusantara berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dar Bapak Presiden langsung yaitu pada hari jumat,” Hal itu disampaikan oleh Suharso Monoarfa selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas.  

Suharso juga menambahkan “Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara ini Nusantara”.

Nah, buat kamu yang masih belum familiar dengan bakal Ibu Kota Negara Indonesia tercinta ini, yuk cari tahu fakta-fakta Ibu Kota baru “Nusantara”.

Fakta2 Ibu Kota Baru “Nusantara” Penajam Paser Utara

Nah, berikut ini Fakta-fakta ibu kota baru “Nusantara”.

1.      Asal Usul Nama Nusantara

Nusantara sendiri berasal dari masa Kerajaan Majapahit abad ke 14. Dulu pusat pemerintahan atau Ibu Kota dari Kerajaan Majapahit berada di Pulau Jawa, lebih tepatnya di Mojokerto, Jawa Timur.

Istilah Nusantara ini telah diucapkan oleh patih Kerajaan Majapahit, yaitu Gajah Mada. Ucapannya telah tercatat lewat Sumpah Palapa, dan Gajah Mada juga berjanji akan menguasai wilayah di luar Jawa yang belum berada di bawah pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Janji yang diucapkan Gajah Mada disampaikan saat pengangkatannya menjadi Patih Amangkubumi Majapahit.

2.      DPR dan Pemerintah Sepakat Nusantara Setingkat dengan Provinsi

Ibu Kota Negara Indonesia yaitu Nusantara akan berbentuk pemerintahan daerah yang bersifat khusus dan setingkat dengan Provinsi. Hal ini telah disepakati oleh pemerintah dan juga DPR.

“secara substansi semua sudah sepakat, namanya yakni Nusantara, kedua pemerintahan daerah khusus setingkat dengan provinsi itu kan sudah oke semua.” Saan juga menambah “Nah, mau saya ini kita sepakati dulu kita ketok, nah pemerintah nanti memberikan pejelasan.”

3.      Jadwal Pemindahan PNS ke Nusantara

Dengan pemindahan Ibu Kota Negara ini, pastinya kantor pemerintahan nantinya juga akan ikut dipidahkan ke Nusantara. Maka dari itu, tenaga kerja PNS juga mau tidak mau harus ikut untuk dipindahkan ke Ibu Kota Negara baru.

“Dimulai pada tahun 2023-2027, dengan proporsi kurang lebih 20% di tiap tahunnya atau kurang lebih 25.500 orang per tahun,”.

Artinya, pemindahan PNS ke Ibu Kota Nusantara akan dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu lima tahun. Persentase pemindahan PNS pun dilakukan secara rata, yakni 20% per tahun.

Itu adalah Fakta-fakta ibu kota baru “Nusantara”. Jadi, apakah kamu juga tertarik untuk pindah ke Ibu Kota Negara baru ini?

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *