Informasi Terbaru Gejolak Muslim India

Iskandarnote.com Informasi Gejolak Muslim India -Pasca isu deskriminasi umat Muslim di India mereda beberapa waktu terakhir, dalam satu bulan terakhir India kembali menuai sorotan. Pasalnya, negara ini diduga telah menerapkan kebijakan yang dapat mendeskriminasi umat Muslin di India yang jumlahnya minoritas.

Salah satu kebijakan tersebut, yaitu siswi di India dilarang masuk gedung sekolah jika mengenakan hijab. Kebijakan ini lantas memicu mereka untuk menggelar demonstrasi. Bahkan, dari informasi terbaru gejolak Muslim India, aksi demo ini telah berlangsung dalam sebulan terakhir.

Meski masa demonstran cukup banyak, justru banyak sekolah lain di India yang ikut menerapkan kebijakan serupa.

Situasi yang tak kunjung membaik ini membuat umat Muslim di India yang jumlahnya sekitar 15,5% dari populasi negara semakin resah.

Ditambah dengan isu bahwa Muslim India sudah lama ditargetkan sebagai persekusi. Bentrokan antara umat Muslim dengan warga nasionalis Hindu India pun cukup sering terjadi dan kembali memanas.

Mengenang Kembali Insiden Mematikan Antara Umat Muslim dan Hindu India

Sejak tahun 2002, setidaknya ada 3 insiden mengerikan yang melibatkan umat Muslim dan Hindu India, yaitu:

1.      Kekerasan Gujarat

Pada 27 Februari-1 Maret 2002, kekerasan Gujarat menghebohkan dunia. Kerusuhan bermula ketika sebuah kereta di Godhra terbakar dan memakan korban sebanyak 58 jiwa umat Hindu.

Kekerasan semakin melebar karena aksi demo yang tidak kunjung ditindak lanjuti oleh pemerintah setempat. Bahkan, salah seorang Perdana Menteri India disebut menjadi “kompor” atas insiden tersebut.

2.      Kerusuhan Muzaffarnagar

Bentrokan antara kaum komunis India dan umat Muslim ini terjadi di Muzzaffarnagar, Uttar Pradesh pada Agustus hingga September 2013 lalu. Insiden mematikan ini memakan korban 62 orang, 42 diantaranya merupakan Muslim dan 20 lainnya umat Hindu.

Motif kerusuhan sendiri masih menjadi problematik, karena ada dua versi berbeda. Pertama, yakni karena kecelakaan lalu lintas dengan beberapa korban pemuda.

Sementara versi lain menyebutkan jika kerusuhan terjadi karena seorang gadis komunis Jat Hindu mendapatkan pelecehan oleh pemuda Muslim di desa Kawal. Tak terima dengan kejadian ini, gantinya pemuda tersebut dieksekusi oleh komunitas Hindu.

3.      Bentrokan New Delhi

Selama 7 tahun gejolak Muslim India cukup mereda, pada Februari 2020 kabar tidak sedap kembali datang. Kali ini terjadi bentrokan terjadi di Kawasan New Delhi.

Bentrokan ini memakan banyak korban dan kerugian, karena banyak bangunan hingga toko-toko dihancurkan tanpa sisa.

Insiden ini juga dilantari oleh kebijakan pemerintah India yang dianggap mendeskriminasi umat Muslim.

Selain tidak insiden mengerikan tersebut, pemerintah India juga telah mencabut status otonomi negara di bagian Kashmir dan Jammu yang penduduknya mayoritas merupakan Muslim.

Dengan kebijakan yang terkesan terus mendeskriminasi umat Muslim, gejolak ini tampaknya akan sulit untuk usai. Bahkan, informasi terbaru gejolak Muslim India pun belum mereda dan membaik.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.