Inilah Cara Menanam Kunyit

iskandarnote.comInilah Cara Menanam Kunyit – Kunyit. Ini adalah salah satu tanaman eksotis dan misterius yang diinginkan oleh banyak tukang kebun.

Kebanyakan orang akrab dengan kunyit sebagai bumbu giling emas yang baik untuk Anda dalam kari, tetapi tidak yakin bagaimana ia tumbuh atau bahkan seperti apa tanaman itu! Meskipun unik, kunyit tidak terlalu sulit untuk tumbuh! Dengan beberapa adaptasi, Anda dapat menanam kunyit dengan sukses di sebagian besar iklim. Kami telah menanam kunyit sendiri selama bertahun-tahun!

Bagaimana Kunyit Tumbuh?

Kunyit ( Curcuma longa ) adalah ramuan abadi, terkait erat dengan jahe. Konon, sebagian besar tips menanam ini juga berlaku untuk jahe! Meskipun jahe bisa sedikit lebih rewel.

Kunyit tidak memiliki “biji” kecil seperti yang Anda bayangkan untuk kebanyakan tanaman.

Sebagai gantinya, potongan sistem akar yang disebut rimpang ditanam , yang pada gilirannya menghasilkan dedaunan di atas tanah serta lebih banyak rimpang yang lebih besar di tanah di bawahnya.

Rimpang yang berharga itu adalah hal yang kita cari ketika menanam kunyit! Setiap rimpang biji sering disebut sebagai “jari” karena ketika kunyit segar dipanen, kumpulan rimpang di sekitar simpul tengah menyerupai tangan!

Mengkonsumsi Kunyit & Kurkumin

Bubuk kunyit , suplemen nutrisi, atau ekstrak lain yang dapat dimakan dibuat dari rimpang. Ini juga digunakan utuh, diparut atau diiris dalam banyak aplikasi memasak dan merupakan tempat sebagian besar rasa, warna, dan nutrisi tanaman disimpan.

Rimpang juga mengandung bahan aktif yang paling penting dalam kunyit: Curcumin .

Ribuan penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kurkumin adalah salah satu senyawa ramuan obat yang paling bermanfaat yang pernah ada!

Dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat , kurkumin telah terbukti mengurangi peradangan, meningkatkan daya ingat, mencegah dan memperlambat perkembangan kanker, meningkatkan aktivitas antioksidan, mengatur tekanan darah, dan banyak lagi.

Ini benar-benar hal yang fenomenal! Kami mengkonsumsi kunyit sebanyak yang kami bisa, termasuk mengonsumsi suplemen ini setiap hari. Saya sangat terpikat dengan kurkumin sehingga saya akan menyiapkan artikel yang didedikasikan untuk manfaat kesehatannya yang luar biasa segera hadir.

Itu semua bagus dan keren, tapi tahukah Anda bahwa daunnya juga bisa dimakan ?! Ya. Daun dapat ditambahkan ke piring utuh, dikeringkan dan digiling menjadi bubuk, atau direndam dalam air untuk membuat cairan infus untuk digunakan dalam memasak.

Selain itu, ikan dapat dibungkus dengan daun kunyit untuk dipanggang atau dipanggang, mirip dengan penggunaan tradisional daun pisang untuk tujuan ini.

Meskipun tidak begitu ajaib seperti rimpangnya, daunnya juga mengandung nutrisi dan antioksidan! Saya tidak menyarankan membuang terlalu banyak daun saat tanaman tumbuh, karena membutuhkannya untuk fotosintesis. Panen sedikit, atau gunakan daun pilihan yang tersisa setelah memanen rimpang!

You May Also Like

About the Author: peri

Leave a Reply

Your email address will not be published.