Inilalh Cara menanam Bunga Telang

iskandarnote.com Inilalh Cara menanam Bunga Telang – Bunga telang adalah bunga yang termasuk tanaman liar yang belum banyak dibudidayakan. Tidak jarang keindahan dari bunga warna biru ini dijadikan oleh masyarakat sebagai tanaman pagar untuk menghias pekarangan.

Bunga telang kaya akan manfaatnya salah satunya adalah kaya sebagai pewarna alami. Bukan hanya itu saja, bunga telang sendiri sudah di kosumsi sejak dulu untuk pewarna alami.

Selain dikarenakan kaya manfaatnya, bunga telang ini perlu cara untuk menanamkanya dan sangat mudah untuk menanamkanya tanpa harus memiliki lahan luas. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kemudahan dalam menanam bunga telang.

Diantaranya ialah cara penanaman, umum tanaman, serta benihnya yang mudah didapatkan. Benihnya juga bisa kamu dapatkan di kebun terdekat maupun di pinggir jalan.

Baca juga:

Cara menanam Bunga Telang yang Sangat mudah

Banyak sekali tanaman bunga telang yang bertebaran di pinggiran jalan dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Bunga telang tersendir cuman sayangnya belum di budidayakan, jika tanaman ini di budidayakan maka cukup indah untuk menjadi tanaman hias depan rumah.

Nah, banyak penelitian bunga telang yang dilakukan berfokus pada manfaat dan khasiat yang dirasakan dari mengosumsi teh bunga telang.

Akan tetapi masih belum akan tetapi masih belum banyak penelitian kebudidayan bunga telang yang idealnya seperti apa.

Sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait budidayan bunga telang yang lebih optimis.

Berikut ini akan dijelaskan cara mudah dalam menanam bunga telang berbudidaya yang bisa kamu lakukan untuk menanamnya.

Siapkan bahan Tanaman

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan tanamanya.

Bahan tanaman yang digunakan bisa berupa biji maupun dari sulur tanaman bunga telang.

Benih bunga telang bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui toko pertanian atau lebih mudah melalui toko online. Kemudian rendam benih dalam air dengan suhu hangat kuku selama 7-12 jam.

Lalu keringkan atau tiriskan beih dari air rendahan hingga air tidak menetes kembali. Pastikan beih yang digunakan layaknya untuk ditanam, artinya beih sehat serta bentuk biji yang sangat sempurna.

Peroses penanaman

  • Buatlah lubang tanaman (satu lubang per satu pot) atau langsung pada tanah perkarangan atau lahan yang telah diolah dan siap tanam dengan jarak tanam sekitar 40×30 cm (sama dengan jarak tanaman pada kacang panjang) dengan jumlah biji 2 per lubang.
  • untuk menghindari hama dan penyakit yang menyerang biji pada tanah, dapat dilakukan dengan cara memberikan sejumput carbofuren pada setiap lubang tanaman.
  • Setelah benih ditanam, lakukan penyiraman hingga permukaan tanah atau tempat penanaman terlihat benar-benar basah.

You May Also Like

About the Author: peri

Leave a Reply

Your email address will not be published.