Jenis-Jenis Web Hosting Dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Iskandarnote.com Buat kalian yang ingin membuat website untuk kebutuhan tertentu tentunya harus mempertimbangkan  dengan matang salah satu kebutuhan wajibnya adalah jenis layanan hosting yang ingin digunakan. Apa itu layanan web hosting? Yaitu layanan penyewaan server yang digunakan untuk menyimpan data pada sebuah situs, sehingga bisa ditampilkan pada penguna internet yang mengakses web tersebut.

Jenis-jenis hosting pun cukup beragam, dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui jenis layanan hosting yang ingin digunakan serta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis-Jenis Layanan Hosting

Umumnya, setiap perusahaan web hosting akan menawarkan jenis-jenis hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Nah, secara umum, terdapat empat jenis hosting, yaitu Cloud, shared, VPS dan dedicated hosting.

Untuk mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis hosting tersebut, simak penjelasan berikut hingga akhir.

1.      Cloud Hosting

Bagi Anda yang minim pengetahuan teknis namun website yang dikelola membutuhan sumber daya besar, maka Cloud hosting adalah pilihan yang tepat. Benar sekali, Cloud hosting akan memberikan kemudahan pada pengguna serta menawarkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang besar.

Kelebihan

Kelebihan utama yang dimiliki layanan hosting ini terletak pada mekanismenya. Di mana seluruh data website pengguna akan diduplikasi kemudian disimpan di beberapa server. Dengan begitu, apabila satu server mengalami error, maka server lain akan diaktifkan.

Tak hanya itu, Could hosting juga ramah pengguna dan fully managed, sehingga Anda bisa fokus mengelola website.

Kekurangan

Di samping kelebihan yang ditawarkan, sayangnya biaya untuk layanan Could hosting cenderung mahal, dan relative lebih tinggi dibanding jenis-jenis hosting lain.

2.      Shared Hosting

Masih pemula dalam mengelola dan membuat website? Tak perlu khawatir, karena ada layanan hosting yang coock bagi pemula dan belum memiliki pengalaman, yakni shared shoting.

Jenis layanan ini juga sangat direkomendasikan bagi website yang masih memiliki traffic rendah atau jumlah pengunjung harian sedikit.

Kelebihan

Kemudahan penggunaan shared hosting membuat jenis layanan ini cocok untuk pemula. Menariknya shared hosting juga sudah fully managed. Selain itu, pengguna juga akan dimanjakan dengan panel control yang mudah dipahami, sebut saja cPanel.

Satu lagi, shared hosting biasanya dibandrol dengan harga terjangkau, bahkan bisa didapatkan hanya dengan Rp. 10.000 per bulan.

Kekurangan

Meskipun biaya layanannya sangat murah, dan pengelolaannya mudah, akan tetapi shared hosting menawarkan sumber daya yang sangat terbatas. Hal ini terjadi lantaran server dari shared hosting digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus.

3.      VPS Hosting

Virtual Private Server atau yang lebih dikenal dengan istilah VPS hosting adalah pilihah yang menarik bagi pemilik website yang menginginkan keleluasaan lebih dan sumber daya besar. Jenis layanan VPS hosting juga memungkinkan pemilik website untuk mengatur server sesuai dengan kebutuhannya.

Kelebihan

Pada dasarnya, VPS hosting sama seperti shared hosting, yakni satu server digunakan oleh lebih dari satu website.

Hanya saja, sumber daya dari VPS hosting sudah dedicated, artinya performa website Anda tak akan terpengaruh oleh masalah yang dialami website lain.

Selain itu, VPS hosting juga menawarkan beberapa keunggulan lain, seperti:

  • Pengguna leluasa menentukan jenis panel control yang ingin digunakan.
  • Bebas pilih system operasi server.
  • Dedicated IP.
  • Root Access.

Untuk harganya pun lebih terjangkau dibanding cloud hosting.

Kekurangan

Meski memiliki banyak kelebihan seperti, root access, namun jenis layanan hosting satu ini bersifat self-managed, di mana pemilik website bertanggung jawab penuh atas pengelolaan server sendiri.

Oleh sebab itu, pengguna VPS hosting harus memiliki pengetahuan lebih dalam penggunaan command line. Pegelolaannya pun sedikit lebih rumit dibading jenis-jenis hosting lain.

4.      Dedicated Hosting

Terakhir ada dedicated hosting, jenis layanan yang hampir sama seperti VPS namun dalam versi teranyar (upgrade). Server yang digunakan pun tidak lagi untuk beberapa website, namun dikhususkan untuk satu pengguna.

Kelebihan

Sesuai namanya, dedicated hosting merupakan layanan hosting yang sudah didedikasikan untuk satu pengguna saja. Anda juga tak perlu khawatir dengan downtime.

Sumber daya yang tersedia juga pastinya lebih besar dibanding ketiga layanan hosting sebelumnya. Inilah alasan mengapa dedicated hosting sangat cocok untuk website dengan traffic tinggi.

Akses root, kebebasan memilih system operasi dan panel control, serta dedicated IP juga akan Anda dapatkan.

Kekurangan

Kelemahan dari dedicated hosting yakni pengoperasiannya yang cukup rumit dan pengguna harus memiliki pengetahuan teknis tinggi.

Harga layanan dedicated hosting juga merupakan yang termahal dibanding tiga jenis hosting lain. Itu dia jenis-jenis hosting beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing layanan, Anda bisa memilih hosting yang paling cocok untuk website Anda.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.