Kapal Raksasa Membuat Terusan Suez Macet. Begini Penampakannya !

kapal nyangkut di terusan suez

Iskandarnote.com Untuk pertama kalinya semenjak 150 tahun terusan Suez yang begitu efektif sebagai jalur perdagangan kini mampet.

Keadaan terusan Suez macet ini bukan karena adanya perang ataupun negara mesir yang menutupnya seperti pada tahun 1950-an melainkan karena ada kecelakaan teknis.

Sebuah kapal raksasa yang disebut MS atau Megaship Evergreen mengalami hilang kendali dan juga mengalami masalah teknis dan membuat kapal tersebut melintang menutupi terusan Suez tersebut.

Hal itulah yang membuat terusan Suez mampet karena memang jalur tertutup rapat oleh badan kapal raksasa itu sehingga tidak ada kapal yang bisa melintas dan menimbulkan kemacetan.

Kejadian ini pun membuat heboh dunia karena aktivitas perekonomian negara dikawasan eropa terhambat .

Seperti yang kita ketahui terusan suez adalah sebuah jalur laut buatan sepanjang 193 KM yang dibangun pada kurun waktu 1859-1869 dan menembus wilayah negara mesir sebagai penghubung Laut Tengah & Laut merah.

Jalur terusan ini menjadi sangat vital dan strategis karena digunakan oleh kapal-kapal raksasa yang membawa Peti kemas perdagangan antar Negara Asia dan Eropa.

Terusan suez juga mampu mengurangi biaya pengiriman bagi dunia perdagagan Internasional dan merupakan jalur air terpadat di dunia.

Bayangkan saja 10% perdagangan dunia Internasional di perngaruhi oleh terusan suez ini.

Sejarah mencatat Terusan suez ini pernah menjadi objek rebutan perang antara dua negara yakni mesir dan prancis dan mengakibatkan jalur ini ditutup pada tahun 1973.

Banyak negara yang sangat bergantung pada jalur ini untuk menjalankan perekonomian mereka agar stabil.

Maka dengan kejadian terusan suez macet ini diperkirakan akan sangat berdampak pada ekonomi negara-negara tersebut dan akan menimbulkan kenaikan harga kebutuhan pokok jika Megaship Evergren tidak segera di pindahkan.

Baca Juga :   Saya Membela Ferdian Paleka, Tidak Pake Tapi Bohong. Asli!

Kenaikan harga tentunya disebabkan oleh jalur kapal kandas di terusan suez atau karena biaya operasional kapal yang memilih jalur lain yang lebih jauh.

Saat ini tim evakuasi masih mencoba menarik badan kapal nyangkut Megaship agar bisa terlepas dari terjepitnya kapal tersebut.

Sebagai informasi tambahan lebar dari terusan suez ini adalah sekitar 200 M dan Panjang dari Megaship Evergrenn adalah 400M dan membawa ribuan container dengan total berat berkisar 2200 Ton. Berikut beberapa penampakan Megaship evergreen yang menutup jalur terusan suez

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *