Kondisi Terkini Gempa Bumi Di Wilayah Jawa Timur.

Kondisi Terkini Gempa Bumi Di Wilayah Jawa Timur

Iskandarnote.com Gempa bumi tektonik magnitudo 6,7 mengguncang Selatan Jawa atau lebih tepatnya di daerah provinsi jawa timur.

Gempa yang dirasakan cukup kuat getaranya ini tidak berpotensi tsunami.

Kejadian dan parameter gempa bumi terjadi pada hari Sabtu 10 April 2021 pukul 14.00 WIB di wilayah samudra Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki magnitudo 6,7 kemudian di-update menjadi bermagnitudo 6,1 .

Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 lintang selatan dan 112,5 bintang-bintang bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 KM arah selatan, Kota Kepanjen kabupaten Malang Jawa Timur dengan kedalaman 80 KM.

Dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah dan tidak berpotensi Tsunami.

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dan menyebabkan bangunan di daerah terkena gempa banyak yang rusak.

Dampak dari guncangan gempa bumi yang kuat dirasakan warga di daerah Turen.

Getaran juga dirasakan hampir semua penduduk di wilayah provinsi Jawa Timur bahkan kabarnya sampai di rasakan di Daerah Istimewa Yogyakarta , Banjarnegara dan daerah Denpasar Bali.

Dari hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan yang memiliki getaran yang dirasakan masyarakat.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu di media sosial yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya .

Warga terdampak gempa juga di himbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Hal itu sebagai upaya untuk menghindari adanya korban jiwa paska gempa akibat tertimpa bangunan yang rusak.

Baca Juga :   10 Hari Terakhir Ramadhan Jangan Lupa Iā€™tikaf

Warga diminta memastikan kondisi rumah mereka masing-masing apakah ada potensi ambruk atau tidak dan masih layak dihuni sementara atau tidak.

Jika memang keadaan rumah yang tidak memungkinkan untuk di huni kembali, warga dianjurkan untuk mendatangi posko pengungsian yang sudah di sediakan pemerintah kota Surabaya.

Nampak dalam foto yang disebarkan di media sosial banyak sekali gedung-gedung seperti sekolah, perkantoran hingga Mall mengalami kerusakan yang cukup parah.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *