Mengenal Bisnis Franchise, Kelebihan dan Kekurangannya

Iskandarnote.com Meraih kesuksesan dengan berbisnis bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Ada banyak langkah dan perencanaan yang harus dilakukan dengan baik. Termasuk salah satu yang paling penting adalah membangun brand awareness.

Sayangnya, di tengah ketatnya persaingan bisnis seperti sekarang, lagi-lagi membangun brand awareness bukan hal yang mudah. Modal, kreativitas dan tenaga harus siap dicurahkan untuk menuai hasil yang manis.

Melihat tantangan yang begitu besar tersebut, kemudian banyak orang yang memilih untuk bisnis franchise. Ya, franchise merupakan salah satu alternatif yang menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan besar tanpa harus repot membangun brand awareness.

Nah, bagi Anda yang belum paham ap aitu bisnis franchise, yuk simak ulasan berikut untuk mengenal bisnis franchise secara lebih dalam.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise atau waralaba bisa didefinisikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu jasa, produk atau layanan. Dengan kata lain, franchise merupakan sebuah metode atau system yang memungkinkan Anda menjual suatu produk, jasa atau layanan dari suatu merek dagang yang sudah ada.

Dalam system bisnis ini, terdapat dua pihak yang saling bekerjasama, yaitu franchisor (pengwaralaba) dan juga franchisee (penerima waralaba.

Selain itu, ada dua istilah yang sangat akrab dengan bisnis franchise, yakni franchise fee dan royalty fee. Franchisee fee sendiri adalah biaya awal yang harus dikeluarkan sebelum usaha waralaba tersebut beroperasi. Sementara royalty fee merupakan biaya setelah bisnis waralaba dioperasikan.

Kelebihan Bisnis Franchise

Untuk mengenal bisnis franchise secara lebih detail, pastinya Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dari system bisnis ini.

Nah, di bawah ini beberapa kelebihan dari bisnis franchise:

  1. Brand Sudah Dikenal

Kelebihan pertama yang ditawarkan system bisnis ini adalah popularitas yang sudah dimiliki. Seperti yang sudah disinggung di atas, jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba, maka Anda tidak perlu repot membangun brand awareness. Sebab, brand sudah dikenal masyarakat.

Hal ini membuat pemasaran produ, jasa atau layanan cenderung lebih mudah. Reputasi bisnis pun bukan lagi PR yang harus diselesaikan, dan hal ini sangat berbanding terbalik dengan memulai bisnis baru.

  • Management Bisnis Sudah Ada

Selain brand awareness yang sudah terbentuk, management bisnis juga sudah terbangun. Umumnya, setiap merek dagang memiliki system management yang berbeda, dan hal ini akan sangat berpengaruh dengan usaha waralaba Anda.

Menyenangkannya lagi, management bisnis biasanya sudah ditanggani oleh para professional. Sehingga, Anda hanya perlu menjalankan memanage bisnis sesuai dengan management yang telah terbentuk.

  • Keuntungan lebih Besar

Banyak merek dagang yang menawarkan kerjasama franchise dengan keuntungan yang besar. Jaminan keuntungan besar ini tentu sangat menggirukan, terlebih lagi Anda sudah tidak perlu memikirkan hal-hal krusial dalam membangu bisnis.

Tapi kembali lagi, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tentu sangat tergantung dengan situasi bisnis Anda.

  • Dukungan dan Keamanan Lebih Ketat

Franchisor biasanya akan memberikan pembekalan pada franchisee terkait management bisnis. Selain itu, pelatihan pemasaran, periklanan dan lainnya juga akan diberikan sebelum bisnis dioperasikan.

Umumnya, pelatihan ini sudah termasuk dengan paket pembelian bisnis franchise.

  • Management Finansial Lebih Mudah

Satu faktor yang sering kali membuat bisnis baru sulit berkembang adalah management finansial yang buruk. Nah di sini, para pelaku bisnis waralab tidak perlu pusing memilikirkan management finansial.

Pengaturan, pengelolaan dan segala hal yang berkaitan dengan management finansial sudah ditetapkan oelh franchisor.

Kekurangan Bisnis Franchise

Mengenal bisnis franchise tentu tidak hanya sebatas mengetahui definisi dan kelebihannya saja. Tetapi Anda juga harus mengetahui kekurangan system bisnis ini, sehingga bisa menjadi pertimbangan dan persiapan dalam menjalankan bisnis.

Nah, berikut beberapa kekurangan dari system bisnis franchise:

  1. Tidak Bisa Memilih Supplier

Ketika Anda menjalankan bisnis waralaba, segalanya telah diatur oleh pihak franchisor. Artinya, Anda juga tidak bisa memilih supplier sendiri, meski tujuannya untuk mengembangkan bisnis.

  • Modal Besar

Tidak bisa dipungkiri, jika modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis franchise cenderung mahal. Terlebih lagi jika Anda memilih membuka bisnis franchise di tempat strategis dengan pajak tinggi, seperti mall, food court dan lainnya.

Selisihnya bisa sangat besar jika dibandingkan ketika Anda membuka bisnis sendiri.

Dengan mengenal bisnis franchise serta kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa mempertimbangkan matang-matang apakah bisnis menarik untuk dicoba, atau sebaliknya.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.