3 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang Samsung

Cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang Samsung tanpa aplikasi tambahan, sehingga aplikasi yang tidak digunakan tidak memakan data internet terlalu banyak dan bisa menghemat baterai samsung.

Salah satu cara agar bisa menghemat kuota data internet adalah mengurangi penggunaan internet, tapi sayangnya sebuah aplikasi yang Anda instal akan tetap berjalan meski tidak digunakan. Alhasil internet anda akan terus terkuras meski tidak pakai aplikasi tersebut.

Mangkanya meski anda tidak pakai aplikasi tapi muncul sebuah notifikasi dari aplikasi Contohnya seperti Facebook, Twitter dan Instagram berarti aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang meski tidak di buka.

Nah bagi Anda yang ingin menghentikan beberapa aplikasi yang tidak terpakai agar tidak berjalan di latar belakang, saya akan memberikan tutorialnya yang mungkin bermanfaat untuk menghemat kuota data internet anda.

Tapi sebelum kalian melanjutkan untuk membaca tutorial ini tidak ada salahnya untuk membaca sebuah artikel penting yang sudah saya buat sebelumnya: cara menonaktifkan status online di Facebook Messenger.

Oke sekarang lanjut kita masuk ke tutorialnya yaitu cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk HP Samsung.

Cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang

Tutorial ini khusus untuk pengguna Samsung yang sudah menggunakan Samsung one UI atau Android 10 keatas. Karena tutorial ini saya buat menggunakan Samsung a20s, dan mungkin juga bisa untuk Samsung A10, A30, A50 dan Samsung Note lainnya.

  • Yang pertama Silakan masuk ke menu “pengaturan” lalu pilih “perawatan perangkat
  • Pilih “baterai
  • Pilih “manajemen daya aplikasi
  • Lalu silakan aktifkan menu tulisan “nonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai
Baca Juga :   5 Cara Mengunci Whatsapp Dari Penyusup 100% Aman

Untuk memaksimalkan aplikasi apa saja yang tidak diperbolehkan untuk berjalan di latar belakang Anda bisa memilih opsi kedua yaitu dengan cara berikut:

Opsi Kedua Agar Aplikasi Tidak Berjalan Dilatar Belakang

  • Pilih “aplikasi nonaktif
  • Kemudian pilih “tambahkan aplikasi
  • Lalu silakan pilih aplikasi apa saja yang tidak anda inginkan untuk berjalan di latar belakang

Nah dengan cara itu maka tiap aplikasi yang tidak anda pakai atau buka, secara otomatis akan diputuskan sambungan internetnya atau dimatikan agar tidak berjalan di latar belakang.

Hanya saja ketika anda mematikan beberapa aplikasi untuk tidak berjalan di latar belakang, maka resikonya adalah Anda tidak akan bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi yang sudah anda nonaktifkan di latar belakang tadi.

Menonaktifkan Aplikasi Tertentu Berjalan Di Latar Belakang

Jika anda ingin aplikasi tertentu saja yang ingin dimatikan di latar belakang, maka anda bisa menggunakan opsi ketiga yaitu Anda bisa memilih aplikasi yang tetap hidup meski tidak digunakan caranya sebagai berikut.

  • Masih di menu “manajemen daya aplikasi
  • Silakan kalian pilih “aplikasi yang tidak akan dinonaktifkan
  • Pilih “tambah aplikasi
  • Lalu silahkan kalian pilih aplikasi mana saja yang tetap berjalan di latar belakang

Saran saya aplikasi pesan seperti WhatsApp dan telegram harus tetap berjalan, Agar kalian bisa tetap mendapatkan notifikasi dari chat seseorang.

Dengan cara itu maka aplikasi yang Anda pilih agar tetap berjalan akan terus memberikan notifikasi di HP kalian, meskipun anda sudah menyembunyikan aplikasi tersebut.

Manfaat menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang anda dapatkan jika menghentikan sebuah aplikasi yang terus berjalan di latar belakang diantaranya adalah:

  • RAM tidak akan terkuras, sehingga aplikasi yang sering anda gunakan berjalan dengan lancar
  • Menghemat kuota data internet
  • Baterai akan lebih awet dan tahan lama
Baca Juga :   Cara Menghapus Foto Yang Dipindahkan Ke File Sampah Di Samsung A20s

Nah itu adalah 3 Manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menghentikan aplikasi yang sering berjalan di latar belakang. Tapi yang terpenting adalah HP anda jadi tidak cepat panas, yang efeknya bermanfaat untuk memperpanjang usia ponsel Android Anda.

Oke sampai di sini semoga bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk selalu belajar membaca jangan sering nonton YouTube apalagi sekarang udah kebanyakan iklan lebih baik baca blog ini yang sangat keren dan canggih.

Akhir kata Wassalam semoga Anda bisa mengikuti tutorial cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa aplikasi tambahan agar kuota data internet lebih hemat dan baterai samsung juga tidak cepat habis alias boros.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please klik the link