Niat puasa tarwiyah dan arafah jelang idul adha

kapan puasa sunah Dzulhijjah dilaksanakan

Iskandarnote.com|| Sobat iskandar bagi anda yang rutin menjalankan sunah, menjelang idul adha adalah kesempatan menambah pahalamu. Berikut ini niat puasa tarwiyah dan arafah jelang idul adha.

Niat puasa Dzulhijjah, Arafah & Tarwiyah Jelang Idul Adha 2021 ini memang banyak dicari warganet pemburu pahala sunah menjelang idul adha di tahun ini.

Pemerintah menetapkan hari raya idul adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah tepatnya jatuh pada hari selasa tanggal 20 Juli 2021. Dalam rangka menyambut hari raya idul adha, sebagian besar umat muslim melaksanakan amalan-amalan kebajikan yang salah satunya melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah.

Berikut ini Niat Puasa Dzulhijjah

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

artinya (“Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”)

Berikut ini Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala
Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunah karena Allah ta’ala.”

Berikut ini Niat Puasa Arafah

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala
Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunah karena Allah ta’ala.”

Banyak diantara sobat kita mempertanykan. kapan puasa sunah Dzulhijjah dilaksanakan ?, atau kapan puasa sunah arafah dan tarwiyah dilaksanakan, ini jawabannya.

Puasa Dzulhijjah dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah. sedangkan puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijjah. Puasa sunah Arafah dilakukan setelah puasa Tarwiyah, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Keutamaan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah.

Bagi sebagian orang yang belum mengetahui keutamaan puasa di awal Dzulhijjah ini sesuai sabda Rasulullah SAW, yang tertuang dalam tertuang pada hadis Ibnu ‘Abbas menerangkan bahwa “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).”

Kemudian bagi sobat yang mempertanyakan manfaat menyembelih hewan kurban dan kapan kurban dilaksanakan, bahwa penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari tasyriq atau di Hari Raya Idul Adha dan tiga hari setelahnya atau tepatnya tanggal 10-13 Dzulhijjah.

Baca Juga :   Rasis Anti Asia Marak Di Amerika

Bagi anda yang sudah mampu dan belum mengetahu bagaimana niat qurban, berikut ini admin sampaikan niat berkurban : Cukup mengucapkan Basmallah, Takbir, Sholawat, dan Doa menyembelih kurban yaitu Nawaitu An Udhahhi Lillaahi Ta’ala atinya Saya niat berkurban karena Allah Ta’ala.

Demikian sedikit ulasan mengenai Niat puasa tarwiyah dan arafah jelang idul adha dan qurban, semoga bermanfaat dan semoga kita dimudahkan rejeki untuk segera berkurban. aamiin.

You May Also Like

About the Author: sale iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please klik the link