Pahami TOS Google Drive Agar Tidak Kena Banned

Iskandarnote.com Kita ketahui bersama salah satu layanan Google yang paling banyak dinikmati para pengguna adalah Google Drive. Layanan penyimpanan data berbasisi cloud ini bisa Anda nikmati secara gratis dengan kapasitas hingga 15 GB.

Sayangnya, bagi sebagian pengguna kapasitas tersebut dianggap terlalu kecil. Sehingga Google menawarkan opsi Google Drive Unlimited sebagai alternatif. Pengguna bisa upgrade sesuai dengan bandwidth yang dibutuhkan. Tentu layanan unlimited ini tidak bisa dinikmati gratis, dengan harga yang ditawarkan cukup variative.

Sebut saja untuk layanan kuota Google Drive 2 TB, biaya perbulan yang harus Anda keluarkan yakni Rp. 270.000. Sedangkan untuk kapasitas 10 TB dan 20 TB, biayanya mencapai Rp. 1.350.000 hingga Rp. 2.700.000 per bulan. Dari nominal tersebut, bisa dihitung jika biaya bandwidth per 1 TB adalah Rp. 135.000 per bulan.

Dengan harga yang tidak murah tersebut, pelanggan kembali mengeluh dan mencari solusi lain. Nah, sebagai solusi lain, Anda bisa menggunakan Google Team Drive yang bisa diakses secara gratis.

Sesuai namanya, layanan penyimpanan data berbasis cloud ini memang diperuntukkan bagi tim atau organisasi. Sehingga, satu akun hanya bisa digunakan untuk satu organisasi atau tim. Kuota penyimpanan yang ditawarkan tentu jauh lebih besar dibanding MyDrive.

Sayangnya, Google juga memberlakukan ketentuan TOS (Term of Service), yang mana layanan tersebut hanya boleh digunakan pada lingkungan Pendidikan dan Lembaga Pendidikan saja. Dengan begitu, instansi atau organisasi lain tidak diperkenankan menggunakan layanan tersebut.

Pelanggaran TOS Google Drive Team Berakibat pada Banned

Dalam praktiknya, ketentuan TOS Google Drive masih sering dilanggar. Di mana saat ini begitu banyak dijual layanan Google Team Drive untuk masyarakat luas. Harga yang ditawarkan pun sangat murah dan tidak masuk akal.

Praktik haram seperti ini sudah sangat umum dijumpai, dan Anda pun bisa membeli layanan tersebut dengan harga super murah di berbagai marketplace.

Lalu apa akibatnya jika pihak Google mengetahui pelanggaran TOS tersebut? Jawabannya adalah “banned”. Ya, Google akan menghapus dan memblokir akses Anda, sehingga seluruh file yang sudah Anda simpan dalam layanan Google Team Drive tersebut akan hilang.

Jadi, sangat tidak disarankan bagi pengguna umum untuk mengakses dan memanfaatkan layanan Google Team Drive secara illegal. Dan satu-satunya cara agar akses Google Team Drive Anda tidak kena banned yaitu dengan mematuhi ketentuan TOS.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.