Pendaftaran CPNS Tahun Ini Lebih Mudah

formasi CPNS

Iskandarnote.com Seperti informasi yang sudah tersebar sebelumnya, pemerintah tahun ini dipastikan akan menggelar Seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN).

Proses Seleksi Calon PNS atau ASN akan dibagi dalam tiga kriteria, yakni calon pegawai negeri sipil (CPNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan sekolah kedinasan.

Sementara untuk seleksi penerimaan sekolah kedinasan pemerintah sudah membukanya pada bulan April lalu, sedangkan untuk CPND serta PPPK akan di mulai Mei-juni 2021 nanti.

Walaupun proses seleksi dibagi menjadi kriteria tersebut, namun kepala BKN Bimah aria Wibisan memastikan hanya akan menggunakan portal pendaftaran yang sama yakni SSCASN.

Portal ini dapat membantu dan mempermudah calon peserta yang akan melakukan pendaftaran secara terpusat melalui laman SSCASN, sscasn.go.id, yang dikelola oleh BKN.

Bima mengatakan BKN sudah mempersiapkan portal yang telah di tingkatkan fitur secara teknologi yang dibutuhkan SSCASN.

Peningkatan fitur tersebut yakni kemudahan calon peserta seleksi yang tidak perlu lagi mengupload dokumen dokumen penting seperti ijazah, Surat Tanda Regitrasi dll seperti tahun sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui, pada seleksi CPNS pada tahun sebelumnya, Peserta diminta untuk menyiapkan dan mengunggah semua dokumen pendukung yang di minta setiap intansi yang mereka daftar.

Dokumen itu diantaranya adalah Scan KTP, Ijasah, KK, swafoto , transkip nilai, pas foto dan dokumen lain sebagai syarat mendaftar di sebuah intansi.

Semua Dokumen yang perlu disiapkan pelamar tersebut kemudian diunggah ke dalam portal SSCASN.

Namun pada seleksi CPNS tahun ini peserta akan dimudahkan dan tidak perlu repot lagi mengupload dokumen tersebut di portal SSCASN.

BKN sudah mengupgrade fitur Portal SSCASN yang sudah terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Baca Juga :   Di China Pendonor Sperma Di Bayar 12 Juta

Selain itu, pada proses pada CPNS sebelumnya juga peserta hanya bisa melihat ketersediaan formasi dengan mengunjungi website masing-masing instansi satu per satu.

Pada tahun ini, BKN memastikan bahwa calon peserta seleksi CPNS akan dapat dengan mudah mengakses informasi tentang seluruh formasi semua formasi yang dibutuhkan setiap intansi dalam satu portal tersebut.

“Kini, cukup melalui portal SSCASN, peserta dapat mengakses seluruh informasi formasi yang dibuka Pemerintah,”  Terang Bima

BKN juga sudah mempersiapkan sebuat sistem yang akan digunakan untuk mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oleh peserta dalam mengerjakan soal pada sistem CAT BKN.

Fitur ini adalah berupa face recognition yang bisa dengan mudah melakukan identifikasi terhadap peserta ujian . BKN berharap hal ini akan mengurangi praktek percaloan yang sering terjadi pada tahun tahun sebelumnya.

Selain itu, dikarenakan penyelenggaran seleksi CPNS masih di tengah pandemic Covid-19 tentu saja BKN tetap akan menerapkan protokol Kesehatan saat diadakannya ujian CAT.

Namun untuk pengumuman jumlah score yang di dapat peserta akan di tanyangkan secara live di akun youtube milik BKN agar peserta mampu mengaksesnya dimana saja tanpa harus menunggu di tempat ujian .

Sementara informasi terakhir total, pengadaan calon ASN  atau CPNS pada tahun ini mencapai 1.275.387.

Dari total tersebut, sebanyak 83.669 formasi untuk pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah 1.191.718.

Jumlah ini disebut sudah mencakup guru PPPK sebanyak 1.002.616, serta PPPK non guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 119.094 formasi.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *