Robot Trading akan Resmi Diperbolehkan dalam Dunia Investasi Saham

Robot Trading Resmi Diizinkan

Iskandarnote.com simak Robot Trading Resmi Diizinkan – Di masa modern seperti saat ini, banyak cara untuk mendapatkan uang, salah satunya yakni dengan terjun ke pasar saham. Instrumen keuangan ini dapat memberi keuntungan yang cukup besar apabila Anda menguasai teknik dan mampu membaca peluang pasar dengan tepat.

Namun kabar baiknya, kini banyak bermunculan robot trading yang akan membantu proses trading saham menjadi lebih mudah dan kabar terakhir menyebutkan jika Robot Trading Resmi Diizinkan.

Sebagai pihak berwenang dalam ranah investasi, Bursa Efek Indonesia terus mendukung inovasi tersebut dengan cara menyempurnakan peraturan tentang penggunaan robot trading dalam instrument pasar saham.

Pihak BEI sekarang ini sudah memperbolehkan bagi perusahaan sekuritas Anggota Bursa atau (AB) menggunakan fitur baru yaitu automated ordering. Termasuk di dalamnya adalah Direct Market Access (DMA)dan/atau algoritma tranding atau yang lebih sering disebut dengan nama robot tranding.

Laksono Widodo selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa menyampaikan bahwa, rencana pola order secara elektronik sebaiknya disampaikan terlebih dahulu yang kemudian akan digunakan kepada pihak Bursa. Baru setelahnya dapat digunakan jika sudah mendapat persetujuan dari  Bursa.

“Bursa mengevaluasi pola penyampaian order pada fitur automated ordering tersebut untuk memitigasi order yang disampaikan. Nantinya tidak menimbulkan manipulasi terhadap pasar.” ucap Laksono kepada awak media yang hadir, Senin (11/10/2021).

Leksono juga menyampaikan jika saat ini otoritas bursa akan memberi instruksi lebih lanjut terkait regulasi robot tranding yang termuat dalam peraturan III-K tentang fasilitas pesanan langsung dan/atau penerapan automated ordering oleh Anggota Bursa. Proses order otomatis ini bakal dilengkapi dengan panduan teknis terkait penggunaan atau informasi tentang robot trading tersebut.

Baca Juga :   Terjemaah Lagu d Word By Doja Cat Ft Starboi dan Lirik

Pengaturan yang tercantum dalam panduan tersebut sudah mencakup mekanisme penyampaian order. Manipulasi pasar pun sangat dilarang dalam praktik ini, serta harus adanya pelaksanaan risk management AB. Dalam lingkup ini mencakup tangung jawab serta  kewajiban AB dalam melaksanakan tugas monitoring terkait order yang sifatnya otomatis.

Kewajiban AB ini juga memiliki penanggungjawab yang bertugas akan monitoring tersebut. Tentu dengan adanya PIC atau person in charge dapat menjamin pertanggungjawaban atas monitoring order otomatis untuk penggunaan robot trading.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please klik the link