Sinopsis Invisible Hopes – Film Dokumenter Kehidupan Narapidana Wanita Hamil

Iskandarnote.com Pernah terbayangkan bagaimana kehidupan perempuan yang tengah hamil dan masih dalam masa hukuman di lapas? Perjuangan keras dan kisah pilu pastinya tak terlepas dari kehidupan sehari-harinya.

Invisible Hopes, sebuah film dokumenter yang diproduksi Lam Horas Production mulai tayang di bioskop pada Kamis (27/5/2021) kemarin.

Sinopsis invisible hopes

Film berdurasi 1 jam 45 menit ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Lamtiar Simorangkir. Invisible Hopes sendiri mengangkat kisah kisah tentang para perempuan tangguh yang harus menjalani kehamilan di balik jeruji besi.

Melansir dari postingan Instagram Lam Horas Production, dalam setiap tahunnya, sekitar 300 perempuan harus menjalani masa hukuman dalam keadaan berbadan dua. Setiap harinya, calon ibu harus berjuang di tengah lingkungan yang keras demi kehidupan dirinya dan janin dalam kandungannya.

Sementara narapidana yang baru melahirkan, mereka harus kembali memutar otak agar dapat memberikan kehidupan yang layak bagi bayinya. 

S merupakan sosok seorang ibu yang pernah menghuni lapas selama masa kehamilan anaknya. Kala itu, selang beberapa hari setelah kelahiran anaknya, ibu S langsung memutuskan untuk bekerja sebagai buruh cuci baju. Tanpa memperdulikan kondisi tubuhnya, ia rela melakukan semuanya demi memenuhi kebutuhan hidupnya bersama bayi kecilnya yang masih di dalam lapas.

Kisah pilu yang diceritakan oleh ibu S dan beberapa narapidana perempuan lain yang mengalami nasib serupa menggerakkan hati Lamtiar untuk membuat projek ini.

Melalui film terbarunya ini, Lamtiar berharap dapat memberikan semangat sekaligus membuka ruang diskusi terkait sistem penjara yang ada di Indonesia, khususnya bagi narapidana perempuan yang tengah hamil atau memiliki bayi.

Rekomendasi Film Lain yang Tayang 2021

Selain film dokumenter karya Lamtiar Simorangkir bersama Lam Horas Production ini, sederet judul film juga siap meramaikan bioskop di tahun 2021.

Beberapa rekomendasi film terbaik yang tayang tahun 2021 ini antara lain adalah; Wrath Of Man, Those Who Wish Me Dead, A Quiet Place, A Quiet Place 2, Josee, dan The Tiger And The Fish.

Yuk ajak keluarga, pasangan atau sahabat Anda ke bioskop terdekat, dan pastikan tetap patuhi protokol kesehatan ya!

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published.