Tata Cara Sholat Malam Lailatul Qadar

Tata Cara Sholat Malam Lailatul Qadar

Iskandarnote.com – Bulan Suci Ramadan merupakan bulan yang paling di nanti nantikan oleh umat islam.

Pada bulan Ramadhan semua umat islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dengan senantiasa menjalankan ibadah baik yang wajib maupun sunnah.

Terlebih saat menjalani puasa di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Banyak umat islam yang mengharapkan mendapatkan malam yang lebih baik dari 1000 bulan yakni malam Lailatul Qodar.

Malam lailatul qodar merupakan malam dimana di turunkannya Al-Quran ke dunia melalui Nabi Muhammad SAW.

Malam lailatul qodar atau sering di sebut malam seribu bulan. Karena pada malam ini, terdapat keberkahan 1000 bulan dan bagi siapa saja yang memohon doa akan dikabulkan permintaannya. Untuk itu, banyak umat muslim sangat menanti-nanti datangnya malam ini.

Seperti yang di sebutkan dalam  sebuah firman ALLAH Surat Al Qdar 1-5 yang menjelaskan tentang

Keutamaan Malam Lailatul Qodar

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْر لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ نَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ .سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) saat Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala uuusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.“(Al-Qadr: 1-5).

Rasulullah SAW melakukan kegiatan beritikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan untuk memperoleh pahala serta ampunan Allah SWT, sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits berikut ini;

Baca Juga :   Sinopsis Manga Attack On Titan Season 4 Chapter 139

“Carilah Lailatul Qadar pada (bilangan) ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari, Muslim dan lainnya).

“Barangsiapa melakukan shalat malam pada saat Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih)

Namun demikian, tidak ada seorang pun yang dapat memastikan kedatangan malam lailatul qodar. Oleh karena itu, seluruh umat islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah secara istiqomah di 10 hari terakhir bulan puasa,tak terkecuali adalah melakukan sholat sunnah lailatul qodar.

Sebenarnya Sholat lailatul qadar bisa saja dilakukan oleh umat islam sejak awal bulan Ramadan namun banyak diantaranya yang melakukan pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Nah bagi kalian yang ingin mendapatkan keutamaan malam lailatul qodar hendaknya untuk melakukan sholat sunnah lailatul qodar.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tata cara sholat malam lailatul Qodar.

Hal yang utama tentunya adalah Niat sholat.

Niat Sholat Lailatul Qodar

Sholat lailatul qodar dapat dikerjakan dengan jumlah minimal dua rakaat. Berikut adalah bacaan niat sholat lailatul qodar;

“Ushalli sunnata lailatil qadri rak’ataini lillahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya berniat sholat sunnah lailatul qadar dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Sementara, niat sholat lailatul qadar empat rakaat adalah sebagai berikut:

“Ushalli sunnata lailatil qadri arba’arakaatin lillahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah lailatul qadr empat rakaat karena Allah Ta’ala.”

Takbiratul ikhram

Hampir sama dengan amalan ketika menjalankan sholat lainnya, dalam sholat lailatul qadar juga diawali dengan gerakan takbiratul ikhram yang mengucap kalimat takbir yaitu “Allahu Akbar”.

Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek.

Langkah selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah pada tiap rakaat. Dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlas 7 kali atau At-Takatsur 1 kali, kemudian Al-Ikhlas 3 kali atau Al-Qadr sebanyak 3 kali.

Baca Juga :   Biodata Lengkap Fahmi Nasrullah Yang Viral di Tiktok

Namun apabila terdapat kesulitan dalam membaca surat-surat pendek tersebut, Anda dapat membaca surat pendek lainnya sesuai kemampuan masing-masing.

Tidak menggunakan tahiyat awal.

Dalam sholat lailatul qodar, ada sedikit perbedaan dengan sholat wajib empat rakaat. Yaitu, pada rakaat kedua sholat lailatul qodar tidak perlu dilakukan duduk tahiyat. Namun, langsung bangun dan melanjutkan rakaat yang ketiga.

Tahiyat akhir.

Jika sudah sampai rakaat keempat, lakukan duduk tahiyat akhir sambil mengucap doa tahiyat yang sama dengan doa tahiyat pada sholat-sholat lainnya.

Mengucap salam.

Setelah selesai membaca doa tahiyat akhir, lakukan salam.

Berdoa.

Terdapat doa yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dipanjatkan setelah melaksanakan sholat lailatul qadar. Doa tersebut adalah:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’.”

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, maka ampunilah kesalahanku.”

Penutup

Demikian Tata cara sholat malam Lailatul Qodar yang bisa kalian dirikan pada sela-sela saat kalian beritikaf pada 10 malam hari puasa terakhir.

Semoga kita semua senantiasa mendapatkan ampunan dari ALLAH SWT dan mampu menjalankan setiap perintahnya untuk mendapatkan Ridho-NYA. Amiinn

sumber : Merdeka com

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *