Tips Merawat Aki Dengan benar

Tips Merawat Aki Dengan benar

Iskandarnote.com Aki adalah komponen terpenting dalam kendaraan pribadi, karena fungsi aki sendiri adalah sebagai komponen yang terdapat pada mobil yang berfungsi sebagai pemasok arus mesin untuk starter mesin, lampu penerangan, dan berbagai mavam aksesoris lainnya yang terdapat pada kendaraan pribadi anda.

Merawat aki mobil juga dapat menstabilkan tegangan alternator ketika sudah tidak mampu lagi untuk menyeimbangkan beban listrik pada kendaraan pribadi anda. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang disematkan pada otomotif, kini peran aki sangat fatal. Bukan hanya itu saja, peranannya juga masih lagi. Maka dari itu kita harus merawat aki secara berkala.

Bahkan jika aki sampai mengalami masalah maka dapat dipastikan sistem yang terdapat pada mobil yang bersangkutan akan tidak dapat berfungsi, hal ini disebabkan karena sumber arus listrik yang di hasilkan pada aki ini sangat diperlukan oleh sistem operational computer yang tersemat pada mobil.

Tips Merawat Aki Dengan benar

Perawatan pada aki sendiri juga tergolong gampang susah. Berikut ini kami akan menyajikan tentang beberapa cara merawat aki.

1. Ketika mesin mati maka hal pertama yang harus anda lakukan untuk merawat aki adalah mematikan komponen kelistrikan pada kendaraan. Biasakan jika selesai berkendara untuk mematikan komponen yang bersumber pada energi listrik seperti speaker, lampu, DLL. hal ini ditujukan untuk menjaga muatan listrik pada aki tidak berkurang.

2. Jika kendaraan pribadi anda jarang digunakan, maka ada baiknya untuk memanasi mesin secukupnya secara rutin, hal ini dikarenakan kendaraan yang jarang dugunakan dapat memperpendek umur aki.

3. Lakukan pemeriksaan permukaan batas atas dan bawah pada permukaan air aki minimal satu bulan sekali. Usahakan volume air tidak melampaui dari ambang batas (batas atas dan batas bawah) yang sudah ditentukan karena jika sampai melampaui ambang batas yang ditentukan maka akan dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada aki.

Baca Juga :   Terjemaah Lagu d Word By Doja Cat Ft Starboi dan Lirik

4. Periksa terminal aki, pastikan tidak ada bagian yang kendor dan karatan, karena jika sampai ada bagian tersebut maka bisa di psatikan aliran arus listrik tidak akan berjalan dengan tidak sempurna. jika terdapat terminal yang sudah berkarat, hal yang harus anda lakukan adalah mempersihkan dengan sikat kawat.

5. Pastikan pengikat pada aki terikat dengan kuat dan pastikan tidak akan tergeser ataupu terguncang ketika mobil dalam keadaan berjalan, karena jika sampai terguncang umur aki tersebut akan lebih pendek jika di bandingkan dengan aki normal.

6. Pastikan tidak ada kebocoran terhadap aki kendaraan pribadi anda, jika terdapat bagian yang bocor ada baiknya jika anda mengeringkan, membersihkanhal ini ditujukan untuk merawat aki, kemudian menutup kembali bagian yang bocor tersebut dengan kuat. Apabila masih bocor juga, ada baiknya jika anda segera menganti aki anda dengan aki yang baru.

7. Jika anda telah melakukan isi ulang aki, ada baiknya jika anda kengecek kembali berat aki ada dengan mengunakan alat hydrometer (dibekel). jika anda melihat berat yang tertera pada angka hydrometer dibawah dengan ukuran aki tersebut, maka jangan segan untuk mengantinya dengan aki baru.

8. Pada saat anda melakukan pemasangan aki, pastikan terlebih dahulu jika tidak ada barang satu pun yang terdapat pada daerah sekitar dudukan pada tempat aki. sambungankan dengan benar antara kabel positif dan juga positif pada terminal aki. kemudian lakukan pengencangan pada baut, jika sudah lakukan kembali penghubungan kabel antara kabel negatif dengan terminal negatif.

9. Pada saat anda hendak akan melakukan pencopotan pada aki, maka hal yang pertama harus anda lakukan adalah mematikan instrumen yang bermuatan listrik, namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu jika kondisi kendaraan anda berada pada posisi mati (tidak menyala). Pada saat ana melakukan pencopotan kabel maka ada baiknya jika anda melakukan kebalikan dari teori memasang kabel yakni untuk memulainya dengan pencopotan kabel negatif dulu kemudian baru kabel positif.

Baca Juga :   Terkait THR Di Cicil, Menteri Ketenagakerjaan Buka Suara

Demikian tips merawat aki mobil yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini, selalu lakukan servis berkala di bengkel kendaraan kesayangan anda untuk merawat aki anda.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *