Tutorial Cara Cek SLIK OJK Melalui Whatsaap Terbaru 2021

SLIK adalah di nomor 081 1223 4157.

Iskandarnote.com Ketika kita akan melakukan pengajuan pinjaman kredit ke bank pasti kita akan melewati proses BI Checking untuk menentukan apakah kita layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Entah itu dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA), ataupun Kredit Pemilikan Rumah (KPR), serta Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) bahkan pengajuan kartu kredit sekalipun, pasti harus melewati proses BI Checking.

BI Checking sendiri adalah kumpulan Informasi Debitur Individual (IDI) yang berisi segala macam Historis transaksi seseorang dan mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit (kolektibilitas) milik seseorang. Secara jelas BI Checking menjadi syarat mutlak dalam menentukan kelayakan calon debitur.

Banyak calon debitur yang akhirnya harus kecewa lantaran proses pengajuan kreditnya ditolak dan tidak di ACC oleh Bank karena hasil BI Checking yang jelek.

Terkadang pihak Bank enggan untuk menyebutkan alasan kenapa pengajuan kredit seseorang di tolak. Tapi terkadang BI Checking lah salah satu yang menjadi persoalannya.

Nah sebelum kita melakukan proses pinjaman kredit ke Bank, ada baiknya kita untuk mengecek sendiri apakah data kita masih dikatakan aman oleh BI Checking.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tips dan cara mengecek SLIK agar kita mengetahui terlebih dahulu mengenai kelayakan kita dalam mengajukan pinjaman Bank.

SLIK itu apa

Per tanggal 1 januari 2018 , Otoritas Jasa Keuangan merubah SID menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan ( SLIK ) yang di Kelola oleh OJK secara langsung.

Pada SLIK terdapat informasi mengenai kualitas kredit kalian sebagai calon debitur.

Tujuan dari SLIK sendiri adalah sebagai pengawas dalam pelayanan informasi keungan yang salah satunya adalah iDEB.

Baca Juga :   Cara Transfer Antar Bank Secara Gratis

SLIK mempunyai cakupan yang luas diantaranya adalah lembaga keuangan seperti bank dan lembaga pembiayaan (finance) dan juga lembaga keuangan non-bank yang memiliki akses data debitur dan kewajiban melaporkan semua data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID).

Bagaimana Cara Mengecek SLIK

Pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai gimana sih cara cek Slik OJK melalui WhatsApp.

Jadi kalian itu tidak perlu datang ke kantor OJK untuk mendapatkan informasi mengenai data SLIK kalian dan waktu yang dibutuhkan cukup singkat.

Buat kalian yang penasaran dengan pembahasan kali ini silahkan disimak sampai habis dan baca setiap step secara perlahan agar kalian bisa langsung mempraktekannya.

Oke langsung kita akan bahas

Tutorial cara cek SLIK lewat Whatsapp

Pertama yang kalian butuhkan ini pastinya nomor whatsapp milik OJK . silahkan kalian save terlebih dahulu barangkali suatu saat membutuhkan.

Nomor WA yang di pakai OJK untuk memberikan informasi mengenai

SLIK di nomor     081 1223 4157.

Di sini walaupun nanti ketika kalian buka tertulis layanan konsumen OJK Tasikmalaya tapi jangan khawatir karena nomer ini bisa digunakan untuk mengecek data SLIK secara Nasional.

Untuk memulai silahkan chat ke nomer whatsApp OJK nya dengan kata Halo OJK.

Maka secara otomatis bot akan menjawab WA kalian dengan memberikan 2 pilihan yakni Permintaan informasi debitur (ideb) melalui SLIK dan yang kedua konsultasi permasalahan terkait lembaga jasa keuangan.

Layanan ini hanya bersifat Chat only dan menerima chat pada jam kerja saja. Yakni pukul 09-00 s/d 15.00 WIB.

Layanan ini diberikan secara gratis oleh Lembaga keuangan OJK untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi SLIK secara cepat.

Baca Juga :   Cara Download Aplikasi Simontok

Jika kalian sudah menerima balasan silahkan ikuti perintah yang diberikan oleh sistem WA OJK tersebut.

Setiap perintah sangat berpengaruh terhadap jawaban dari chat WA OJK jadi kalian harus benar-benar memperhatikan kalimat perintah yang harus di ketik.

Ikuti setiap perintah agar kalian mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Penutup

Demikian informasi yang admin berikan kali ini mengenai bagaimana cara mendapatkan informasi data SLIK BI checking milik kita .

Admin membagikan ini dari pengalaman admin yang sudah lakukan sebelumnya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *