Apakah Gosok Gigi atau Sikat Gigi Adalah Salah Satu Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

gosok gigi saat berpuasa

Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim di seluruh dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Puasa yang sedang kita jalanakan di masa pandemi ini, sangatlah berat bagi kita semua yang terdampak akibat krisis ekonomi.

Salah satu nya adalah korban PHK dari perusahaan, mereka jobless alias tidak ada penghasilan semoga saja semua diberikan ketabahan dan kekuatan untuk tetap bisa beribadah berpuasa ramadhan.

Ada beberpal hal yang saudara-saudara semua sering tanyakan dalam beberapa kesempatan.Yaitu apakah dalam menjalankan ibadah puasa, kita lalukan gosok gigi atau sikat gigi akan membuat puasa kita batal?

Mari kita simak penjelesannya dari admin.

Admin akan membagikan informasi berikut ini, gosok gigi tidak akan membatalkan puasa selama kita tidak menelan air atau menelan apapun. Artinya kita wajib berhathati dalm menggosok gigi, supaya tidak ada yang terlelan.

Jadi secara hukum nya, siakt gigi atau gosok gigi sah, dengan ketentuan seperti yang admin sampaikan diatas tadi.

Untuk menjaga kebersihan gigi pada saat berpuasa ada beberpa tips, yaitu :

A.Gosok semua bagian gigi dengan sikat gigi. Menggosok gigi dengan menyikat gigi bagian sisi dalam, gigi bagian luar dan gigi untuk mengunyah.

B. Dilarang langsung berkumur setelah gosok gigi. Kita wajib menunggu paling tidak hingga minimal 5-10 menit, baru kemudian berkumur.Agar pasta giginya berkerja terlebih dahulu.

C. Setelah selesai gosok gigi dan berkumur.Kami sarankan memakai obat kumur untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Obat kumur juga dapat mencegah bau mulut pada saat kita berpuasa.

Demikian informasi dan tips dari admin.Biar puasa kita semua lebih baik dan benar dalam menjalankannya.

Baca Juga :   Kumpulan Video 185.63.L53.200 164.278.68 Dan 164.68.l27.15/watch Bokeh Full

Penulis : Danoe Kurniawan

Sumber : kompas.com

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *