Hot News !! Jangan Instal Aplikasi Ini

malware sistem update

Iskandarnote.com Pengguna ponsel pintar android mulai sekarang harus berhati-hati dalam menginstal aplikasi.

Terutama bagi kalian yang sering mengizinkan instal aplikasi yang berasal dari link download di luar layanan resmi google playstore.

Karena baru-baru ini muncul informasi bahwa telah ditemukannya virus jahat Malware yang berhasil ditemukan oleh tim peneliti dari perusahaan keamanan cyber Zimperium.

Ya Malware ini terdapat dalam sebuah aplikasi bernama system update dan diketahui bisa mengambil alih perangkat serta data dari para korbannya.

Cara kerja aplikasi ini adalah menyamar sebagai system update pada android kalian dengan cara muncul notifikasi layaknya pemberitahuan dari sistem android ponsel kalian.

Malware tersebut akan bisa menghindari identifikasi dari pengguna dengan cara membuat file yang dicuri dalam bentuk thumbnail dengan ukuran yang sudah di kompres sehingga hanya membutuhkan sedikit koneksi internet.

Target malware ini tentunya adalah android versi lama yang sudah tidak ada sistem updatenya di playstore sehingga memaksa pengguna mencarinya di luar toko resmi tersebut.

Ketika di klik akan mengarah ke link download di luar playstore karena aplikasi ini tidak terdapat di toko aplikasi resmi untuk perangkat Android Google Play-Store.

Resiko pencurian data menjadi konsekuensi bagi mereka yang menginstal aplikasi tersebut.

Di saat pengguna Android menginstal aplikasi ini system update akan menyembunyikan dan meng exfilterisasi data dari perangkat korban menuju server operator.

Diketahui Malware ini bisa mencuri berbagai data dari ponsel korban mulai dari contact, detail perangkat, bookmark browser, riwayat pencarian, merekam panggilan suara di sekitar mikrofon dan mengambil foto menggunakan kamera ponsel.

CEO Zimperium Shridhar Mittal mengatakan bahwa malware ini merupakan yang paling canggih yang pernah dilihat.

Baca Juga :   Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu BCA Lewat Mobile Cardless

“Ini adalah paling canggih yang pernah kita temukan. Menurut saya proses pembuatan (malware) ini butuh kerja keras dan waktu yang banyak. Kami meyakini banyak aplikasi lain yang menggunakan model seperti ini,” ujar sang CEO Zimperium di kutip dari laman Tech Crunch

Sementara hingga kini pihak Google masih menolak berkomentar terkait Langkah apa yang digunakan untuk mencegah Malware ini masuk ke toko aplikasinya.

Hal Ini sangat mengerikan bagi pengguna android yang awam dan asal instal aplikasi, apa lagi belum diketahui ini cara menghindarinya

You May Also Like

About the Author: pastisultanbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *